Polda Papua Rencanakan Kirim Bantuan Bencana Kelaparan di Yahukimo

Polda Papua Rencana Kirim Bantuan Bencana Kelaparan di Yahukimo
Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri. (Foto: Humas Polda Papua)

TIMIKA | Polda Papua dan Pemerintah Kabupaten Yahukimo bekerjasama untuk menyalurkan bantuan bagi warga di Distrik Amuma yang terdampak kekeringan akibat cuaca ekstrem sehingga terjadi bencana kelaparan.

Situasi yang semakin memprihatinkan itu menarik perhatian Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D. Fakhiri untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo mengatakan bahwa Kapolda Papua akan mengirimkan bantuan berupa 4 ton beras dan mie instan.

“Proses pendistribusiannya akan berlangsung melalui kerjasama dengan Tim Gabungan Tanggap Darurat Pemkab Yahukimo, yang nantinya dibawa menggunakan helikopter, mengingat akses yang terbatas ke daerah tersebut,” kata Kombes Benny, Kamis (26/10/2023).

Bantuan yang akan diberikan merupakan upaya dalam membantu masyarakat yang tengah menderita kelaparan yang diduga akibat cuaca ekstrem di wilayah itu.

Menurut informasi yang didapat dari Tim Tanggap Darurat Pemkab Yahukimo, sejak bulan Agustus 2023 sampai saat ini terdapat 24 orang meninggal dunia dari 13 kampung yang berada di Distrik Amuma. Penyebab kematian bervariasi, yakni akibat sakit dan lanjut usia.

Kapolda mengatakan dalam penyaluran bantuan ini akan dikawal langsung oleh Personel Polres Yahukimo dan dibantu Tim Tanggap Darurat Pemkab Yahukimo.

Ia menegaskan pihaknya mendukung pemkab dalam mengatasi permasalahan kelaparan di Papua agar tidak terulang di kemudian hari.

“Kami berharap bantuan ini akan memberikan bantuan yang signifikan kepada masyarakat yang terdampak, dan Polda Papua akan terus berupaya untuk mendukung pemerintah daerah dalam mengatasi permasalahan kelaparan yang disebabkan oleh cuaca ekstrem dan berbagai faktor lainnya di Papua,” kata Kapolda.

penulis : Fachruddin Aji

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *