Polisi Cari Titik Keberadaan Pilot Susi Air Pasca Beredar Video Penyanderaan

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri. (Foto: Ist)
Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri. (Foto: Ist)

TIMIKA | Jubir TPNPB-OPM Sebby Sambom menyebar dokumentasi video maupun foto-foto pasukan Kodap III Ndugama-Derakma pimpinan Egianus Kogoya yang kini menyandera pilot maskapai Susi Air, Philip Mark Mehrtens.

Pasca tersebarnya video dan foto-foto tersebut, Kepolisian berupaya lebih maksimal untuk mengetahui titik atau posisi keberadaan pilot berkebangsaan Salandia Baru (New Zealand) tersebut.

“Kita berusaha maksimal untuk mengetahui dimana titik daripada pilot. Berikan waktu mudah-mudahan besok lusa bisa kita pastikan,” kata Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri di Mimika, Papua Tengah, Selasa malam, 14 Februari 2023.

Kapolda juga mengatakan, tim negosiasi baik dari Pemerintah Kabupaten Nduga maupun tokoh masyarakat dan masyarakat sudah bergerak untuk melakukan upaya negosiasi pembebasan pilot dengan kelompok Egianus Kogoya.

“Sudah (jalan), tadi kan pak (pj) bupati, pak DPR. Kami berharap ini bisa lakukan komunikasi,” ujar Kapolda.

Terkait dokumentasi video dan foto-foto kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya yang disebar oleh Juru Bicara TPNPB-OPM Sebby Sambom, Kapolda mengatakan itu merupakan dokumentasi lama.

Tetapi Kapolda membenarkan bahwa dokumetasi itu diambil oleh pasukan Egianus sebelum dan sesudah aksi pembakaran pesawat Susi Air register PK-BVY pada 7 Februari 2023 di lapangan terbang Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

Kapolda menegaskan dokumentasi itu bukan diperoleh langsung Sebby Sambom dari Egianus Kogoya Cs. Melainkan dokumentasi itu diunggah kelompok Egianus yang kemudian dimanfaatkan oleh Sebby Sambom dengan mengupload ulang maupun disebar melalui siaran pers TPNPB-OPM dan media sosial mereka.

“Itu kejadian awal, pembakaran dan pergeseran awal. Jadi itu yang diupload ulang lewat Sebby. Jadi itu semua video lama,” kata Kapolda.

 

penulis : Saldi
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *