Potensi Ombak Tinggi, Pelaut dan Nelayan Diminta Perhatikan Keselamatan

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika, George L.M Randang (tengah) di dampingi pejabat Kansar Timika. (Foto: Saldi/Seputarpapua)
Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika, George L.M Randang (tengah) di dampingi pejabat Kansar Timika. (Foto: Saldi/Seputarpapua)

TIMIKA | Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Mimika George L.M Randang memberikan imbauan kepada pelaut agar memperhatikan kondisi ombak dan keselamatan.

Hal itu disampaikannya menyusul informasi dari Badan Meterologi, Klimtologi, Geofisika (BMKG) Wilayah V Jayapura melalui stasiun Meteorologi Sorong, Merauke dan Stasiun Meteorologi Maritim Jayapura memprakirakan potensi tinggi ombak perairan Agats-Amamapare (Mimika) per 23 Mei 2023 setinggi 2,5 sampai 4,0 meter.

Selain itu, laju angin diperkirakan 10 sampai 15 knot, dan cuaca diperkirakan berawan.

Advertisements

George yang dihubungi seputarpapua.com, Selasa (23/5/2023), mengimbau seluruh masyarakat yang beraktifitas di perairan atau menggunakan transportasi laut agar dapat menahan diri dengan memantau, mengikuti data perkiraan cuaca dari lembaga atau instansi resmi seperti BMKG terkait tinggi gelombang.

Ia juga meminta masyarakat ikut membantu mengingatkan masyarakat lainnya yang berada di kepelabuhanan atau pelabuhan rakyat, terutama nelayan, kapal dagang maupun kapal-kapal penyeberangan, lebih khususnya kapal-kapal yang berukuran tidak terlalu besar dengan spesifikasi kecil dan mesin bawaan yang standard dan tidak bisa menerjang gelombang diatas maksimum tertentu.

“(Pelaut yang kapalnya tidak sesusai spesifikasi) agar dapat menahan diri jika hendak beraktifitas, dengan dapat menunda pelayarannya. Jika telah berlayar, agar dapat memastikan mesin dan bahan bakar serta ketahanan body kapal maupun peralatan navigasi, komunikasi dan perlengkapan alat keselamatan,” ujarnya.

Menurut George, alat komunikasi dan keselamatan akan menjadi keamanan bersama dalam pelayaran, sembari menyesuaikan untuk kembali atau mencari tempat terdekat dalam berlindung.

“Demikian juga disampaikan bagi masyarakat yang beraktifitas ditempat wisata atau di tepi pantai, agar dapat berhati-hati, dan jika tidak menjadi urgency bisa ditunda kegiatannya sambil menunggu cuaca atau gelombang bersahabat atau teduh kembali. Ingat, keselamatan kita menjadi yang utama,” tegasnya.

George menjelaskan, untuk wilayah kerja Kantor SAR Timika khususnya berada di wilayah perairan Asmat, Mimika, sampai dengan perairan Kaimana.

Data perkiraan cuaca 23 Mei 2023 dan berlaku 24 jam sesuai data BMKG, untuk perairan wilayah selatan Papua khususnya perairan Agats-Amamapare, tinggi gelombang mencapai 2,5 sampai 4 meter, dan perairan Kaimana 1,25 sampai 2,5 meter.

Advertisements

“Demikian diinformasikan semoga dapat di pedomani untuk keselamatan kita bersama, jika membutuhkan bantuan SAR Timika bisa menghubungi nomor Emergency Call di 115 atau (0901) 3215089,” ucapnya.

“Dan semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa menjaga dan melindungi kita semua dari ancaman kecelakaan, bencana maupun kondisi-kondisi yang membahayakan manusia,” imbuhnya.

penulis : Fachruddin Aji
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *