PPD ‘Main-main’, KPU Mimika akan Ambil Alih Rekapitulasi

Ketua KPU Mimika Dete Abugau saat menyampaikan sambutan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat KPU Mimika. (Foto: Dok Seputarpapua)
Ketua KPU Mimika Dete Abugau saat menyampaikan sambutan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat KPU Mimika. (Foto: Dok Seputarpapua)

TIMIKA | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mimika akan mengambil alih proses rekapitulasi ditingkat PPD, apabila terjadi kemoloran jadwal.

Jika tidak sesuai jadwal dan PPD ‘main-main’, maka KPU akan mengambil alih rekapitulasi.

Untuk jadwal rekapitulasi perolehan hasil suara tingkat PPD sampai dengan 2 Maret 2024.

Ketua KPU Mimika, Dete Abugau mengatakan, hari ini KPU mulai pembukaan rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan perhitungan hasil perolehan suara Pemilu Tahun 2024 Tingkat Kabupaten Mimika.

“Barusan saya buka untuk pleno rekapitulasi dan penetapan perhitungan hasil perolehan suara Oemilu tahun 2024 tingkat Kabupaten Mimika. Kemudian akan dilanjutkan dengan rekapitulasi hasil suara dari beberapa PPD yang sudah selesai,” kata Dete saat ditemui dibsalah satu hotel di Jalan Budi Utomo, Mimika, Papua Tengah, Selasa (27/2/2024).

PPD yang sudah selesai dari 12 distrik, yang kebanyakan dari wilayah pesisir pantai dan pegunungan atau pedalaman. Sementara untuk 6 PPD lainnya masih proses.

“Nanti hasil dari 12 PPD akan kami rekapitulasi dan tetapkan,” katanya.

Sementara untuk enam PPD yang belum, seperti PPD Mimika Baru, Iwaka, Kuala Kencana, Wania, Kwamki Narama, dan Tembagapura akan didorong untuk segera diselesaikan. Hal ini karena jadwal untuk rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat PPD sampai tanggal 2 Maret 2024.

“Kami akan terus pantau dan dorong proses rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat PPD yang belum selesai,” ujarnya.

Apabila sampai jadwal yang ditetapkan belum selesai, maka KPU akan ambil alih. Karena KPU Mimika juga didesak untuk segera menyelesaikan tahapan Pemilu, salah satunya rekapitulasi.

Karenanya, apabila ada PPD tidak mengikuti jadwal, maka KPU desak dan meminta kepada aparat kemanan untuk menjemput paksa apabila banyak alasan.

“Intinya, kami akan lakukan tahapan Pemilu sesuai jadwal dan tidak boleh main-main,” ujarnya.

penulis : Mujiono
editor : Iba

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *