Resmi jadi BLUD RSUD Abepura, Tata Kelola Keuangan Rumah Sakit akan Lebih Fleksibel

Penyematan PIN sebagai tanda RSUD Abepura sebagai BLUD. (Foto: Alley)
Penyematan PIN sebagai tanda RSUD Abepura sebagai BLUD. (Foto: Alley)

JAYAPURA | Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abepura resmi ditetapkan sebagai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Peluncuran BLUD RSUD Abepura yang berlangsung di ruang rapat RSUD Abepura, Kota Jayapura, Papua, Jumat (23/12/2022) ini ditandai dengan penyematan PIN BLUD kepada perwakilan staf RSUD Abepura 

Direktur RSUD Abepura dr Daisy C Urbinas mengungkapkan dengan statusnya sebagai BLUD, RSUD yang dipimpinnya secara fleksibilitas dapat mengelola keuangan sendiri terlepas dari sistem anggaran keuangan pemerintah daerah.

“Untuk menjadi BLUD kami membutuhkan waktu sekitar 7 tahun. Karena waktunya sangat mepet sehingga hasil diskusi kami bahwa peluncurannya secara internal dulu. Nanti, tahun depan baru  kita publish kepada masyarakat,” ungkapnya.

Mantan Kepala RSUD Biak ini menegaskan bahwa kehadiran BLUD berdasarkan amanah  UU Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit.

Dalam Pasal 20 menyatakan bahwa rumah sakit publik yang dikelola pemerintah dan pemerintah daerah diselenggarakan berdasar kan pengelolaan Badan Layanan Umum (BLU) atau BLUD sesuai ketentuan peraturan perundang- undangan.

“Jadi kita ingin dengan BLUD maka RSUD Abepura akan lebih baik lagi dalam pelayanan kesehatannya,” tegas Daisy.

Seiring dengan perubahan sebagai BLUD RSUD Abepura, maka seluruh sumber daya manusia (SDM) di rumah sakit ini terus berbenah diri untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat melalui pelayanan BLUD.

“Mari kita terus belajar, memahami. Kita terus berkolaborasi untuk memajukan RSUD Abepura, tempat kita bekerja dan mengabdi,” harapnya.

Peluncuran BLUD RSUD Abepura juga dirangkaikan dengan penandatangan nota kesepahaman (MoU) bersama
Rumfarur Production, yang bertujhan untuk mempromosikan keberadaan rumah sakit tersebut melalui media sosial.

 

penulis : Alley
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *