Satu Tahun Pimpin Mimika, Ini Yang Sudah Dilakukan Eltinus Omaleng dan Johannes Rettob

Bupati Omaleng: Mimika Calon Ibu Kota Provinsi Papua Tengah
Bupati Eltinus Omaleng didampingi Wakil Bupati Johannes Rettob menyampaikan sambutan usai pelantikan. (Foto: Sevianto/SP)

TIMIKA | Tepat satu tahun Eltinus Omaleng dan Johannes Rettob menjabat Bupati dan Wakil Bupati Mimika setelah resmi dilantik oleh Gubernur Papua Lukas Enembe pada 6 September 2019 lalu.

Dimasa kepemimpinannya, pasangan Omtob (Omaleng-Rettob) ini memiliki visi dan misi yaitu mewujudkan Mimika yang cerdas, aman, damai dan sejahtera.

Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob mengungkapkan, selama satu tahun ini, Ia bersama Bupati Eltinus Omaleng sudah menyiapkan Rancangan Program Jangka Panjang Daerah (RPJMD) untuk visi misi keduanya dan sudah dibuat dalam suatu Peraturan Daerah (Perda).

Dengan Perda ini akan menjadi dasar untuk pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Mimika.

Ia mengakui bahwa pelaksanaan RPJMD seharusnya dilakukan pada Maret 2020 karena berdasarkan aturan harus dilakukan Enam bulan setelah dilantik. Namun terkendala karena adanya Pandemi Covid-19.

“Didalam RPJMD itu banyak sekali, ada lima misi yang harus kita jalankan untuk tujuan visi kita itu adalah mewujudkan Mimika yang cerdas, Mimika yang aman, Mimika yang damai dan Mimika yang sejahtera,” katanya saat melakukan jumpa pers dalam rangka satu tahun Kepemimpinan Omtob di Hotel Horison Ultima Timika, Senin (7/9).

Fungsi pemerintah ialah mensejahterakan masyarakat. Untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera tentu Pemerintah harus membuat regulasi dan kiat-kiat yang cerdas untuk membuat pembangunan bisa berjalan baik, berpihak dan bisa memberdayakan masyarakat.

Dimasa satu tahun ini, John mengungkapkan bahwa keduanya baru mencapai 20 dari 100 persen jika disesuaikan dengan RPJMD selama lima tahun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *