Situasi Sulit, Emosi Ibu-ibu Kurang Stabil, Jangan Dibebani Dengan Pelajaran Anak

Jenny Usmani.

TIMIKA | Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mimika, Papua, Jenny Usmani meminta pihak sekolah terutama guru-guru untuk tidak membebani orang tua selama proses belajar dari rumah.

Sejak Maret lalu, sekolah-sekolah di Mimika sudah tidak lagi melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah akibat Pandemi Covid-19.

Sehingga pemerintah memberikan alternatif belajar secara online yang kemudian hasil belajarnya dilaporkan kepada Dinas Pendidikan.

Laporan itu kata Jenny, untuk mengetahui apa saja yang dipelajari selama masa belajar dari rumah dimana anak-anak didampingi orang tua selama belajar.

“Sehingga di sekolah negeri dan kita himbau juga di swasta, kalau bisa jangan terlalu membebani anak dengan orang tua,” katanya di Timika, Senin (13/7).

Guru-guru juga kata dia, sudah pasti tahu inti dari mata pelajaran yang diberikan kepada siswa.

“Misalnya di SD itu pelajaran banyak sekali, tapi intinya dia harus tahu baca, tulis dan hitung dan itu yang mau kita capai,” tuturnya.

Selama proses belajar dari rumah tentu selalu didampingi orang tua, dimana tugas guru sebagian dijalankan oleh orang tua sehingga tentu akan membebani orang tua.

“Karena di era pandemi ini, orang tua mungkin karena faktor macam-macam sehingga bisa tidak stabil emosinya. Apa lagi kalau dia punya anak tiga,” tegasnya.

Reporter: Anya Fatma
Editor: Batt

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar