Stand Kabupaten Mappi di Penas KTNA XVI Padang Jadi Pusat Perhatian Pengunjung

Pengunjung memadati stand Kabupaten Mappi di Penas KTNA XVI Padang. (Foto: Humas Mappi)
Pengunjung memadati stand Kabupaten Mappi di Penas KTNA XVI Padang. (Foto: Humas Mappi)

TIMIKA | Stand Kabupaten Mappi, Provinsi Papua Selatan menjadi pusat perhatian dalam perhelatan Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (Penas KTNA) ke XVl di lapangan Sultan Syahrir TNI AU Padang, Provinsi Sumatera Barat.

Penas KTNA ke-XVI dibuka secara resmi  Menteri Perekonomian RI, Airlangga Hartarto secara virtual mewakili Presiden Joko Widodo pada 10 Juni 2023.

Menurut keterangan tertulis yang diterima seputarpapua.com pada Senin (12/6/2023), berbagai produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) khas Mappi, dan berbagai aksesoris yang dibuat secara langsung di stand Mappi menjadi pusat perhatian para pengunjung dari berbagai kabupaten dan provinsi di Indonesia.

Penas KTNA ke XVI tahun 2023 diikuti lebih dari 25.000 ribu perwakilan petani dan nelayan telah berlangsung sejak tanggal 10, dan akan selesai di tanggal 15 Juni 2023.

Salah satu pengunjung asal Provinsi Lampung, Indra Gunawan ungkapkan stand Mappi dari Provinsi Papua Selatan merupakan salah satu stand yang berbeda dari yang lain, karena bisa melihat langsung dua mama-mama Papua yang praktek cara membuat noken dan mahkota kepala. Terlebih, keduanya tampil menggunakan pakaian adat asal Mappi.

“Kesan saya sangat bangga, karena dari berbagai penampilan, khusus Mappi mampu memberikan penampilan terbaik dengan penampilan pakaian khasnya, dan itu yang menarik perhatian pengunjung dari berbagai provinsi,” ucapnya.

“Secara pribadi melihat semua aksesoris dan hasil-hasil produk asli Mappi sangat menarik, lebih khususnya aksesoris noken dan mahkota kepala,” lanjutnya dikutip dalam keterangan tersebut.

Senada, seorang warga Kota Padang Provinsi Sumatera Barat, Evendi memberikan tanggapan jika Mappi sangat luas biasa karena tampil dengan ciri khas sendiri, dan ini merupakan momentum yang baik untuk terus mengekspos pakaian khas, mahkota kepala, noken dan produk-produk unggulan Kabupaten Mappi.

“Jujur secara pribadi baru mengetahui aksesoris khas Mappi ternyata seperti ini. Penampilannya sangat menarik, dan kalau boleh kita mau lihat-lihat dan foto-foto sekalian, dari ciri khas pakaian dan aksesorisnya sangat menarik. Harapannya mudah-mudahan kedepannya bisa terus diekspos biar masyarakat diluar Papua bisa mengetahui tentang ciri khas Mappi,” pungkasnya.

Diketahui, stand Kabupaten Mappi menjadi pusat perhatian para pengunjung Penas KTNA dari berbagai daerah, baik membeli produk lokal, melihat aksesoris khas Mappi dan berfoto-foto.

penulis : Fachruddin Aji
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *