Terjatuh ke Muara Kali Kumbe, ABK Kapal Cumi Belum Ditemukan

Aktivitas sejumlah kapal di Muara Kali Kumbe, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan. (Foto: Humas SAR Merauke)
Aktivitas sejumlah kapal di Muara Kali Kumbe, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan. (Foto: Humas SAR Merauke)

MERAUKE | Anak buah kapal (ABK) KM Marcel 20 atasnama Rio Maulana (27) dilaporkan terjatuh dari atas kapal dan hilang sejak 13 Februari 2024. KM Marcel 20 merupakan kapal cumi yang berlabuh di Muara Sungai (Kali) Kumbe, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan.

Informasi yang dihimpun media ini dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Merauke menyebutkan, kejadian nahas itu dilaporkan Nahkoda KM Marcel 20, Arifin, ke Kantor Pencarian dan Pertolongan Merauke tadi pagi, Rabu (14/2/2024).

Dalam laporannya, Arifin menyampaikan bahwa korban terjatuh di Kali Kumbe sekitar pukul 23.00 WIT, Selasa, 13 Februari 2024. Namun upaya pencarian telah dilakukan oleh rekannya sesama ABK, belum membuahkan hasil.

Advertisements

Saat kejadian, korban tengah beraktivitas di atas kapal.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Merauke, Alman S. Imbiri melalui Kasie Operasi dan Siaga, Reza Afriyanto mengatakan, tim rescue diberangkatkan ke lokasi kejadian sekitar pukul 08.20 WIT dengan menggunakan kendaraan roda empat yang mengangkut perahu karet guna melakukan pencarian.

“Di sana, tim rescue lalu bergabung dengan potensi SAR lainnya yakni dari Satpolair Kumbe, Pos KBN TNI AL, Pos Polisi Kumbe dan masyarakat sekitar,” kata Reza Afriyanto dalam keterangan yang diterima media ini, Rabu.

Reza menyebutkan, cuaca di lapangan dilaporkan berawan dengan kecepatan angin mencapai 35 km per jam. Sementara itu ada puluhan bahkan ratusan kapal cumi di sepanjang alur Kali Kumbe yang berlindung dari cuaca buruk di perairan Arafura.

“Tidak bosan-bosannya kami mengimbau kepada seluruh masyarakat yang beraktivitas di atas air untuk mawas diri dan lingkungan sekitar,” tandasnya.

penulis : Hendrik Resi
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan