Tim Gugus Tugas Mimika Lengkapi Persyaratan Ajukan Pemberlakuan PSBB Cegah Covid-19

TIMIKA | Tim Gugus Percepatan Pengendalian Covid-19 Mimika, Papua, saat ini tengah melengkapi persyaratan guna mendapat persetujuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona di daerah itu.

Juru Bicara Percepatan Pengendalian Covid-19 Mimika, Reynold Ubra megatakan, minggu lalu pihaknya telah mengajukan permohonan pemberlakukan PSBB di Mimika ke Kementrian Kesehatan.

Namun, karena pedoman persyaratan terlambat diterima, maka ada beberapa persyaratan yang harus dilengkapi meski data-data tersebut sudah ada.

Mengenai status penanganan Covid di Mimika katanya, 9 April lalu Gubernur Papua telah menaikan status Papua menjadi tanggap darurat, sehingga saat ini Mimika hanya melengkapi data kasus.

“Untuk melengkapi persyaratan PSBB, jumlah kasus, jumlah sebaran, PDP, ODP dan OTG data-datanya sudah ada, tinggal kami menyampaikan ke menteri (Menteri Kesehatan,red),” kata Reynold Ubra kepada Seputarpapua.com di Timika, Senin (13/4).

Kata Reynold, pedoman persyaratan untuk PSBB tidak terlalu ketat. Data-data yang dibutuhkan untuk persyaratan akan dikirim ke Kementrian Kesehatan.

Reynold menjelaskan, saat ini jumlah warga Mimika yang positif terpapar Virus Corona berjumlah 19 orang, tiga dinyatakan sembuh, tiga lainnya meninggal dunia, sehingga yang tersisa dalam perawatan 13 orang.

Dari 19 pasien positif kata Reynold yang juga menjabat Plt. Kadis Kesehatan Mimika ini bahwa, empat pasien diantaranya terinfeksi melalui transmisi lokal.

Kemudian jumlah pasien dalam pengawasan dan pemantauan juga terus bertambah. Hingga Senin siang, PDP terdata 56 orang, ODP 130 orang dan OTG 200 orang.

Jumlah ini menunjukan sebaran kasus di Mimika mulai merata, khususnya di Distrik Mimika Baru.

” Di Distrik Mimika Baru, semua kelurahan ada,” ujar Reynold.

Data ini kemudian menjadi dasar dan telaah untuk pengajuan PSBB, karena diprediski jika tidak diberlakukan, sebaran virus ini akan terus menyebar, karena sesuai dengan tracing kontak yang dilakukan, 1 pasien positif memiliki kontak erat dengan 18-20 orang.

 

Reporter: Misba
Editor: Batt

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFIS IGbar.png
BERITA TERKAITbar.png
BERITA VIRALbar.png
BERITA UTAMAbar.png
BERITA PILIHANbar.png
BERITA POPULERbar.png