Warga Tionghoa di Mimika Rayakan Imlek Sekaligus Pelantikan Pengurus PSMTI 2023-2027

Suasana Perayaan Imlek Bersama dan Pelantikan Pengurus PSMTI Mimika periode 2023-2027 yang digelar di Gedung Eme Neme Yauware, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Minggu (5/2/2023). (Foto: Fachruddin Aji/Seputarpapua)
Suasana Perayaan Imlek Bersama dan Pelantikan Pengurus PSMTI Mimika periode 2023-2027 yang digelar di Gedung Eme Neme Yauware, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Minggu (5/2/2023). (Foto: Fachruddin Aji/Seputarpapua)

TIMIKA | Ratusan warga Tionghoa di Kabupaten Mimika, Papua Tengah, merayakan Imlek 2023 bersama sekaligus menghadiri pelantikan Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Kabupaten Mimika periode 2023-2027.

Kegiatan tersebut digelar di Graha Eme Neme Yauware, Minggu (5/2/2023) malam dan dihadiri langsung oleh Plt Bupati Mimika Johannes Rettob.

Ketua Panitia Kegiatan Perayaan Imlek dan Pelantikan Pengurus PSMTI Mimika Vincensius Hendra mengatakan, Imlek 2023 sebelum ditutup dengan perayaan Cap Go Meh hari ini, pihaknya telah melakukan berbagai kegiatan sosial mulai dari donor darah, menyerahkan bantuan alat olahraga ke Lapas Klas II B Timika sekaligus anjangsana, kemudian kerjasama dengan Bank BRI dan Mandiri menyerahkan bantuan perangkat sekolah.

Advertisements

“Selain kegiatan di atas, kami pada 17 Januari 2023 pembersihan pengecatan bundaran yang ada di Mimika, mulai Petrosea, Sp 2, dan Timika Indah,” katanya.

Hendra melanjutkan, Tahun Baru Imlek adalah hari raya tradisional penting bagi warga Tionghoa, sebab imlek mengandung makna persatuan dan keharmonisan.

“Pada kesempatan ini saya menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Mimika atas disediakannya tempat kegiatan di gedung Eme Neme Yauware,” ungkapnya.

Selain perayaan imlek bersama, Hendra menyebut malam ini juga menjadi hari yang istimewa, sebab pengurus PSMTI periode 2023-2027 juga akan dilantik.

“Inilah awal tonggak sejarah terbentuknya PSTMI di Mimika, yang mana HPKT melebur bergabung dengan PSMTI,” kata Hendra.

Dalam surat keputusan (SK) pelantikan yang dibacakan oleh Ketua PSMTI Kabupaten Manokwari, Alexander Irsandi dan ditetapkan di Jakarta, disebutkan Penasehat PSMTI Mimika Periode 2023-2027 adalah Ibu Susi Herawati Rettob, Yohannes Helyanan, Hendriette Tandiono dan Handoko Thio.

Kemudian Ketua PSMTI Mimika untuk 4 tahun kedepan adalah Rusli Gunawan, Wakil Ketua Abraham Raweyai, dan Sekretaris Steven Tan.

Advertisements

Dalam sambutannya Ketua PSMTI terpilih Rusli Gunawan mengatakan, mulai 5 Februari 2023 Himpunan Peduli Kasih Tionghoa (HPKT) resmi berubah menjadi Yayasan HPKT.

“Dan pada hari ini HPKT yang sudah berumur 20 tahun akan kita lebur dan tingkatkan menjadi Yayasan HPKT di Mimika agar mengelola aset HPKT yang ada,” katanya.

Advertisements

Gunawan menjelaskan setelah berubahnya HPKT menjadi yayasan maka peran paguyuban sepenuhnya dibawah naungan PSMTI Mimika.

“Kami akan melaporkan ke Kesbangpol bahwa bendera marga tionghoa berganti mejadi PSMTI. Kenapa ditingkatkan? (berubah) jadi PSMTI, karena itu (PSMTI) punya dasar hukum dan anggaran dasar/anggaran rumah tangga (AD/ART) yang sah, kemudian juga tersebar dari Sabang-Merauke,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua PSMTI Provinsi Papua Ishak Montolalu menegaskan jika PSMTI bukanlah sebuah organisasi politik dan tidak akan pernah menjadi salah satunya.

Advertisements

“Kami hanya memperhatikan apa yang dibutuhkan masyarakat dan memberikan bantuan masyarakat yang membutuhkan,” tegasnya.

Kemudian dalam penyampaiannya Plt Bupati Mimika, Johannes Rettob mengucapkan terima kasih karena Keluarga Tionghoa ikut bersama dengan Pemerintah Kabupaten Mimika membangun daerah melalui sektor usaha dan perekonomian juga perhotelan.

“Kepengurusan organisasi, paguyuban atau apapun itu harus tetap solid, bergandengan tangan bekerjasama menjalankan semua program yang telah ditentukan dengan tetap berdasarkan kepada AD/ART. Apalagi PSMTI ini organisasi nasional yang turun hingga kabupaten,” ungkapnya.

Advertisements

“Organisasi juga jangan dibawa ke ranah politik, kalau pribadi boleh, kalau mau berpolitik yah masuk organisasi politik, jangan organisasi ini (PSMTI) yang dibawa,” sambungnya.

John berharap agar PSMTI Mimika bisa bersatu dengan paguyuban lain yang ada di Mimika.

 

penulis : Fachruddin Aji
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan