YPMAK Bantu Pembangunan 7 Gereja di Mimika

Direktur YPMAK Vebian Magal yang didampingi wakil direktur saat menyerahkan bantuan pembangunan Gereja Katholik Aikawapuka. (Foto: Mujiono)
Direktur YPMAK Vebian Magal yang didampingi wakil direktur saat menyerahkan bantuan pembangunan Gereja Katholik Aikawapuka. (Foto: Mujiono)

TIMIKA | Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) pengelola dana kemitraan PT Freeport Indonesia, Selasa (4/4/2023) menyerahkan bantuan pembangunan 7 gereja di Mimika, Papua Tengah.

Bantuan pembangunan yang diberikan kepada masing-masing gereja sebesar Rp 500.000.00,-  ada juga yang dapat Rp300.000.000,-.

Ketujuh gereja tersebut, yakni Gereja GKII Anugerah (Kwamki Lama), Gereja Katholik Santo Petrus (Jalan Baru), Gereja Kingmi Sion (SP2), Gereja Diciple Ministry Amungsa (SP2), Gereja GKII Eklesia (Jalan Cenderawasih), Pos PI GKII (Nawaripi), Gereja Katholik Aikawapuka (Mimika Tengah).

Bantuan diserahkan langsung oleh Direktur YPMAK Vebian Magal di Kantor YPMAK, Jalan Yos Sudarso kepada masing-masing perwakilan gereja.

Vebian Magal mengatakan, YPMAK tidak hanya fokus pada 3 bidang, yakni pendidikan, kesehatan, dan ekonomi. Namun juga bantuan sosial juga jalan, salah satunya memberikan bantuan kepada gereja-gereja.

“Dengan bantuan itu diharapkan bisa membantu menumbuhkan kesadaran iman masyarakat,” kata Vebian.

Masyarakat yang sadar akan iman bisa mengerti dan menyadari kehadiran sesama. Dengan demikian tidak ada kekacauan atau konflik di Mimika. Tetapi lebih kepada saling mendukung, menghormati dan menghargai.

“Inilah yang jadi alasan YPMAK, membantu dibidang keagamaan. Khususnya kepada gereja-gereja,” ujarnya.

Sementara Penanggun jawab Gereja Ministry Amungsa SP2, Krinus Kum mengucapkan banyak terima kasih kepada YPMAK atas bantuan yang diberikan. Bantuan ini pihaknya terima dengan penuh suka cita.

“Terima kasih kami ucapkan kepada YPMAK, yang selalu melihat masyarakat dari segala aspek. Terlebih pada pengembangan rumah ibadah,” tuturnya.

Sedangkan perwakilan Pos PI Gereja Eklesia, Vicaris Jan Magal, STh mengatakan, meski baru peralihan menjadi yayasan, YPMAK tidak hanya fokus pada tiga bidang inti, namun juga menaruh perhatian kepada lainnya, terutama keagamaan.

“Banyak pembangunan gereja-gereja yang dibantu oleh YPMAK. Salah satunya kami yang membuka Pos PI, tapi tidak ada gedung. Karenanya dengan bantuan ini kami akan bangun gedung. Jadi kami bersyukur, YPMAK bisa memberikan bantuan kepada gereja-gereja,” ungkapnya.

Sedangkan perwakilan Gereja Katolik Aikawapuka, Alexander mengucapkan banyak terima kasih kepada YPMAK yang selalu memperhatikan Gereja Aikawapuka.

“Ini bantuan yang kedua kali dari YPMAK, senilai 500 juta. Dan kami akan selesaikan pembangunan gereja, mudah -mudahan sampai selesai,” ujarnya.

penulis : Mujiono

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *