10 Atlet Papua Perkuat Indonesia di SEA Games 2023

Ketua Umum KONI Papua, Kenius Kogoya. (Foto: Vidi/Seputarpapua)
Ketua Umum KONI Papua, Kenius Kogoya. (Foto: Vidi/Seputarpapua)

JAYAPURA | Sebanyak 10 atlet asal Papua masuk dalam kontingen Indonesia untuk berlaga pada penyelenggaran SEA Games Kamboja 2023.

Pesta olahraga Asia Tenggara ini berlangsung pada 5-17 Mei, dimana kontingen Indonesia mengirimkan 599 atlet dengan rincian 379 atlet putra dan 220 atlet putri.

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua, Kenius Kogoya mengatakan, dari 45 atlet Papua yang ikut dalam Pelatnas SEA Games Kamboja, hanya 10 atlet yang terpilih membela merah putih di multi iven dua tahunan tersebut.

“Kami tetap bersyukur kepada Tuhan, semoga atlet kita akan berjuang dengan maksimal harumkan Indonesia,” kata Kenius kepada wartawan olahraga, Minggu (30/4/2023).

Pada SEA Games ke-32 ini, 10 atlet Papua yang masuk dalam Kontingen Indonesia yakni, Agustinus Abadi Ndiken (Lempar Lembing), Farel Armando (Renang), Priska Madelyn Nugroho, Chico Aurora Dwi Eardoyo dan Ester Nurumi Tri Eardoyo (Bulu Tangkis), Sang Ayulni Priyoman dan Maria Corazon Konjep Wombaki (Criket), Jeam Kelly Sroyer (Sepakbola), Maylencristy Aupe (Cabor Kun Bokator) dan Julius Rizhad Rumaropen (Hockey).

Di SEA Games 2023 para atlet Indonesia akan bersaing di 31 cabang olahraga (cabor) dari total 36 yang dipertandingkan atau dilombakan.

Dengan menurunkan 599 atlet, kontingen Indonesia menargetkan meraih 60 medali emas untuk bisa mempertahankan posisi di tiga besar.

Sebelumnya, Kontingen Indonesia pada Sea Games Vietnam sukses meraih 69 medali emas, dimana Indonesia menjadi negara kedua dibawah Thailand dengan perolehan medali terbanyak dalam sejarah SEA Games.

Sejauh ini Indonesia sudah mengemas 1.893 emas, 1.796 perak dan 1.861 perunggu.

Cabang olahraga sepakbola lebih dulu dipertandingkan pada SEA Games 2023 ini. Timnas Indonesia U-22 sukses menang telak 3-0 atas Filipina pada laga perdana, Sabtu, 29 April 2023 di Stadion Olympic, Phnom Penh. Tiga gol Indonesia dalam pertandingan ini dicetak Marselino Ferdinan (45′), Irfan Jauhari (90′), dan Fajar Fathur Rachman (90+2).

penulis : Vidi
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan