4 Siswa PFA Dipanggil Ikut Seleksi Timnas Indonesia U-16

TIMIKA | Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memanggil 4 siswa Papua Football Academy (PFA) by PT Freeport Indonesia mengikuti Seleksi Tim Nasional Indonesia U-16 Putra di Jakarta, 18—21 Februari 2024.

Pelatih Kepala PFA Ardiles Rumbiak mengatakan, dipanggilnya pemain PFA untuk mengikuti seleksi Timnas merupakan sebuah pertanda positif bagi sepakbola Papua.

“Mereka mewakili seluruh Papua mengikuti seleksi Timnas U-16 Putra Indonesia,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima media ini, Minggu (18/2/2024).

Keempat siswa tersebut adalah Valentino Santo, Samuel Cundrad, Yulius Pigai dan Marthquin Gustavo.

Pemanggilan keempat pemain itu berdasarkan surat resmi yang dikirimkan PSSI kepada PFA pada 12 Februari lalu.

Seleksi ini dilakukan sehubungan dengan keikutsertaan Timnas U16 Putra Indonesia dalam Turnamen ASEAN U16 Boys’ Championship 2024 dan AFC U17 Asian Cup 2025 Qualifiers.

“Keikutsertaan mereka dalam seleksi Timnas U16 merupakan kebanggaan bagi PFA dan Papua. Mereka menunjukkan bahwa ketekunan, disiplin, semangat pantang menyerah dan sportifitas mampu mengantar anak-anak Papua berkompetisi di tingkat nasional,” tuturnya.

Ardiles mengatakan pemanggilan ini berawal saat siswa PFA mengikuti kompetisi Piala Soeratin 2024 di Yogyakarta, Februari lalu. Saat itu para siswa PFA sedang berlatih dan disaksikan langsung oleh Asisten Pelatih Timnas U-16.

“Mereka melihat kemampuan anak-anak PFA bisa bersaing di level U-16. Hal ini mungkin yang menjadi pertimbangan memanggil empat pemain PFA,” ungkapnya.

Pemanggilan ini, merupakan momentum bersejarah. Sebab dalam waktu 2 tahun sejak berdiri pada 2022, anak-anak PFA menunjukkan perkembangan yang pesat, baik dalam teknik dan taktik bermain sepak bola, maupun kepribadian mereka.

Salah satu siswa PFA yang akan mengikuti seleksi Timnas, Yulius Pigai mengaku bangga sekaligus antusias mengikuti seleksi U-16.

“Senang, tidak menyangka, bangga juga karena bisa mewakili PFA ikut seleksi,” ujarnya.

PFA merupakan merupakan salah satu investasi sosial dari PT Freeport Indonesia untuk anak-anak Papua. Sebuah program yang bertujuan untuk mencetak pemain bola unggulan yang dapat membawa nama Indonesia ke kancah internasional.

Mereka yang lolos seleksi masuk PFA mendapat beasiswa selama dua tahun untuk mengikuti pendidikan sepak bola di Mimika Sports Complex (MSC) Timika, Papua Tengah yang dibangun oleh PTFI.

Dalam waktu dekat, siswa PFA akan mengikuti turnamen sepakbola U-15 di Selangor, Malaysia. Ini merupakan pertama kalinya bagi siswa PFA mengikuti pertandingan di luar negeri.

“Kami berharap berbagai kompetisi nasional dan internasional yang diikuti, memberikan pengalaman berharga bagi anak-anak Papua. Sekaligus juga membuka cakrawala berpikir mereka untuk berani bermimpi dan berjuang mewujudkannya,” kata Ardiles.

penulis : Fachruddin Aji
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *