Stadion Papua Bangkit 100 Persen Siap untuk PON 2020

Jumat, 21 Jun 2019 14:54 WIT
Stadion Papua Bangkit

JAYAPURA | Pembangunan Stadion Papua Bangkit sudah tuntas 100 persen dan siap digunakan untuk pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 Papua, meski untuk lokasi pertandingan yang berada satu kompleks masih dalam tahap pembangunan.

"Untuk pembangunan stadion sudah 100 persen selesai berikut dengan fasilitas pendukungnya," kata pimpro pembangunan Stadion Papua Bangkit Dwi Aji Wicaksono di sela pemaparan kepada Menpora Imam Nahrawi di Papua, Jumat (21/6).

Stadion yang bakal digunakan untuk pembukaan dan penutupan kejuaraan empat tahunan ini mempunyai kapasitas 40 ribu tempat duduk dan bisa dikatakan sebagai stadion terbaik Indonesia kedua setelah Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta.

"Semuanya dibuat dengan standart internasional. Lapangan, rumput, lampu hingga lintasan atletik semuanya standart internasional. Kami juga menyiapkan akses untuk disabel," katanya.

Menurut dia, saat ini pihaknya terus melakukan perawatan stadion kebanggaan masyarakat Papua ini karena belum diserahkan ke pemerintah provinsi. Harapannya stadion ini bisa digunakan secara maksimal.

Desain stadion ini juga cukup menarik karena disesuaikan dengan budaya masyarakat Papua. Stadion tersebut menggunakan sistem tertutup dan menggunakan kursi tunggal. Coraknya pun hampir sama dengan GBK.

Begitu juga dengan lokasi. Stadion Papua Bangkit berada di tepi jalan antara Sentani menuju Jayapura sehingga mudah diakses. Bagi masyarakat Jayapura harus menempuh jarak 40 km sedangkan dari kota Sentani hanya 10 km.

Sementara itu, Menpora Imam Nahrawi mengaku bangga dengan tuntasnya pembangunan Stadion Papua Bangkit yang akan menjadi pusat olahraga terbesar di wilayah timur Indonesia.

"Venue ini harus dijadikan semangat bagi provinsi lain untuk melakukan hal yang sama. Ini adalah yang terbaik setelah Senayan," katanya.

Selain Stadion Papua Bangkit, kompleks olahraga ini juga didukung dengan lokasi pertandingan yang lain, seperti akuatik serta Istora Papua.(Antara/SP)

Kategori:
Bagikan