Anak-anak 3 Kampung di Asmat Peroleh Bantuan Program Sosial Kemensos RI

Tim Kemensos RI bersama anak-anak di Kabupaten Asmat, Papua Selatan, dalam kegiatan penyaluran bantuan program sosial Kemensos RI. (Foto: Fagi/Seputarpapua)
Tim Kemensos RI bersama anak-anak di Kabupaten Asmat, Papua Selatan, dalam kegiatan penyaluran bantuan program sosial Kemensos RI. (Foto: Fagi/Seputarpapua)

ASMAT | Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI), Minggu (31/7/2022), menyalurkan sejumlah bantuan kepada anak-anak di tiga kampung yang berada di Kabupaten Asmat, Papua Selatan, Minggu (31/7/2022).

Bantuan ini merupakan program sosial Kemensos RI yang diberikan khusus kepada anak-anak berumur 0-17 tahun dalam memperingati Hari Anak Nasional (HAN) 2022 yang jatuh pada 23 Juli setiap tahunnya.

Kepala Analis Kebijakan Ahli Madya pada Direktorat Pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil dan Kewirausahaan Sosial (Dit PKAT dan KS), Lulu Sugianto, menjelaskan bahwa anak-anak tiga kampung di Asmat yakni di kampung Erosaman dan Amagais, Distrik Derkomour, dan kampung As-Atat, Distrik Pulau Tiga.

Penyaluran bantuan program sosial kepada generasi muda di Asmat dilakukan langsung oleh tim dari Kemensos RI yang menyebar ke tiga kampung tersebut, dan itu dilakukan dalam waktu seminggu lebih.

“Kami juga memberikan alat perlengkapan mandi dan melakukan kegiatan bermain, serta dilaksanakan pula pemeriksaan kesehatan kepada anak-anak di tiga kampung,” jelas Sugianto.

Penyaluran bantuan sosial ini juga tidak terlepas dari kerjasama dengan Pemkab Asmat melalui Dinas Sosial, dan Keuskupan Agats berikut para tokoh agama di wilayah setempat.

Karena itu, Sugianto memberikan apresiasi kepada masyarakat atas partisipasinya dalam meramaikan Hari Anak Nasional 2022 yang bertema ‘Anak terlindungi, Indonesia Maju’.

“Kita bersyukur, masyarakat sangat ramah dan bantu kami dalam kegiatan pelaksanaan program sosial,” ujarnya.

Sugianto mengatakan, semua anak Indonesia mulai dari Sabang sampai Merauke memiliki hak yang sama, antara lain hak untuk diperhatikan baik dari sisi kesehatan, pendidikan maupun sisi yang lainnya.

“Maka itu, di Asmat, Papua, kita melaksanakan program sosial serupa seperti di daerah lain di Indonesia, sesuai perintah ibu Mensos RI, Tri Rismaharini,” ungkapnya.

Rencananya besok, Senin, 1 Agustus 2022, Menteri Sosial RI Tri Rismaharini akan menyapa anak-anak Indonesia, termasuk anak-anak di tiga kampung Kabupaten Asmat melalui virtual.

“Kemungkinan bapak Presiden RI Ir. joko Widodo juga akan ikut serta dalam kegiatan menyapa anak-anak di Kabupaten Asmat,” kata Sugianto.

 

reporter : Faqi Difinubun
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.