Atlet Muay Thai Mimika Lolos Pelatnas SEA Games Kamboja 2023

Rachmat Rizal Gozali (Foto: Ist/Jimmy Jones Ayorbaba)
Rachmat Rizal Gozali (Foto: Ist/Jimmy Jones Ayorbaba)

TIMIKA | Atlet cabang olahraga (Cabor) Muay Thai asal Kabupaten Mimika, Papua Tengah yang berasal dari Tim Mutiara Juara Muaythai berhasil terpilih untuk mengikuti Pelatihan Nasional (Pelatnas) SEA Games Kamboja 2023.

Pelatih tim Mutiara Juara Muaythai Jimmy Jones Ayorbaba menyebut, ada dua atlet yang dikirim untuk mengikuti seleksi pelatnas tersebut, yakni Rachmat Rizal Gozali di Kelas 60 kg Senior Putra dan Angelica Pinontoan Kelas 51 kg Senior Putri.

“Ochal (sapaan akrab Rachmat Rizal Gozali) berhasil mengalahkan lima orang lawanya, dia berhasil jadi juara yang terbaik, setelah mengalahkan lawanya dengan KO di ronde ketiga,” ujar Jones yang dihubungi seputarpapua.com, Jumat (17/2/2023).

Ditanya soal kelanjutan proses pelatnas, Jones menyebut saat ini pihaknya masih menunggu informasi lebih lanjut apakah pemusatan latihan (Training Center) akan dilakukan di Subang atau Jakarta.

“Rencananya sih di Jakarta, sampai waktu yang ditentukan baru ke Thailand lanjut ke Kamboja,” terangnya.

Sementara terkait Angel, atlet muay thai putri, Jones mengatakan harus puas meraih peringkat kedua setelah kalah di final.

“Kalau untuk Angel punya kelas ada (ditambah) tiga orang dari talent scouting (pencarian bakat) bekas pelatnas dulu,” katanya.

Meski kalah, kata Jones, kedua atlet putri yang berhasil masuk ke final dijanjikan untuk tetap di pelatnas.

“Jadi yang juara satu untuk pelatnas, juara dua untuk jadi cadangan sekaligus sparing partner (lawan latih tanding) dan persiapan untuk kejuaraan dunia di Abu Dhabi,” terangnya.

Kendati demikian, Jones memilih menarik Angel dari pusat pelatihan untuk persiapan Pra PON.

“Kita memilih untuk fokus ke Pra PON, jadi kita putuskan tarik kembali. Karena buat apa juga jadi cadangan disana dan untuk kejuaraan dunia, terlebih kejuaraan dunia nih bukan multi event,” katanya.

Penarikan Angel juga berkaitan dengan nasibnya sebagai peringkat kedua yang belum jelas, karena belum adanya informasi pasti.

 

penulis : Fachruddin Aji

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *