Beri Beasiswa untuk Anak Papua, Lulus Langsung Kerja di PSU Freeport

seragam PSU kepada anak-anak yang telah lulus
Direktur Human Resources PT Pangansari Utama, Avi Pranantha dan Chief Operating Officer PT Pangansari Utama Freeport Area, Richard Vincent Daguise saat mengenakan seragam PSU kepada anak-anak yang telah lulus dan siap kerja. Foto: Istimewa

TIMIKA | PT Pangansari Utama (PSU) memberikan program beasiswa (scholarship), penerimaan kelulusan angkatan ke 7 dan pelepasan siswa baru angkatan ke 8.

PT PSU yang juga sebagai privatisasi PT Freeport Indonesia memberikan beasiswa untuk anak-anak suku Amungme, suku Dani, suku Paniai , Nduga dan Kamoro yang berprestasi untuk melanjutkan ke tingkat sekolah menengah atas atau kejuruan.

Penyerahan beasiswa tersebut dilaksanakan di Hotel Horison Diana, Timika, Jumat (8/7/2022).

Direktur Human Resources (HR) PT Pangansari Utama (PSU), Avi Pranantha mengatakan, saat ini tercatat sebanyak 13 siswa yang lulus pada angkatan ke 7 dan sebanyak 14 siswa baru angkatan ke 8.

Dijelaskan sejak angkatan pertama pihaknya telah meluluskan sebanyak 72 anak-anak Papua yang dididik dalam bidang tata boga dan tata graha.

“Putra-putri Papua ini diberikan beasiswa penuh oleh PT PSU, dengan disekolahkan di sekolah-sekolah kejuruan ternama di Kota Jayapura Papua dan Kota Surabaya Jawa Timur,” katanya.

Para penerima beasiswa berasal dari sejumlah SMP di Papua yang mempunyai prestasi baik, tetapi terhambat karena kekurangan biaya melanjutkan pendidikan ke jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA).

“Kami berkomitmen membantu menyiapkan segala keperluan adik-adik selama menimba ilmu, apakah itu biaya sekolah, biaya tempat tinggal, termasuk biaya hidup selama bersekolah selama 3 tahun hingga lulus,” ungkapnya.

Dijelaskan, siswa-siswa penerima beasiswa yang lulus juga langsung mendapatkan tempat kerja di Pangansari Freeport Jobsite sesuai bidang keahlian masing-masing.

“Mereka dibina di bawah mentor-mentor yang berkualitas untuk memastikan mereka mampu mengaplikasikan ilmu yang diperoleh di bangku sekolah di dunia kerja nyata. Dan selama ini, sejak angkatan pertama hingga saat ini berjalan dengan baik dan lancer. Para penerima beasiswa mampu bekerja dengan baik sesuai harapan kita Bersama,” jelasnya.

Avi juga menjelaskan PSU memiliki berbagai program pengembangan daerah yang secara kontinyu dan konsisten dilakukan.

Selain membeli hasil bumi Papua sebagai pemenuhan kebutuhan pasokan bahan baku pangan, PSU juga memiliki sederetan program pengembangan masyarakat.

“Pemberian beasiswa kepada putra-putri Papua ini adalah bukti komitmen terhadap upaya pemberdayaan dan pengembangan putra-putri lokal untuk mencapai kesetaraan kesempatan, dan peningkatan kualitas SDM,” ungkapnya.

Selain program beasiswa bagi siswa-siswa SMP berprestasi, PT PSU juga mengirimkan karyawan-karyawan berprestasi asli Papua dalam training-training technical skill pada lembaga-lembaga nasional di Jakarta.

“Sekali lagi kami sampaikan bahwa program beasiswa ini memang diperuntukkan bagi masyarakat Papua. Mereka mendapatkan beasiswa Pangansari setelah lolos seluruh test yang dilaksnakan oleh tim yang berkompeten. Kami melihat mereka sangat antusias mendapat beasiswa dari PSU ini dan semoga ini banyak memberi manfaat bagi masyarakat Papua kedepannya,” pungkasnya

reporter : Kristin Rejang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.