Empat Pejabat Ikuti Seleksi Sekda Definitif Kabupaten Mimika

Foto bersama peserta dan Tim Assesmen dari Puspenkom BKN RI dengan Pj Sekda Mimika dalam pembukaan seleksi terbuka jabatan Sekda Definitif Mimika, di Hotel Horison Ultima, Selasa (16/4/2024). (Foto: Fachruddin Aji/Seputarpapua)
Foto bersama peserta dan Tim Assesmen dari Puspenkom BKN RI dengan Pj Sekda Mimika dalam pembukaan seleksi terbuka jabatan Sekda Definitif Mimika, di Hotel Horison Ultima, Selasa (16/4/2024). (Foto: Fachruddin Aji/Seputarpapua)

TIMIKA | Pemerintah Kabupaten Mimika mulai melakukan Seleksi Terbuka JPT Pratama Sekretaris Daerah (Definitif) di Hotel Horison Ultima, Mimika, Papua Tengah, Selasa (16/4/2024).

Seleksi diikuti empat pejabat setingkat eselon II, yakni Abraham Kateyau, Yohana Paliling, Ronny Maryen dan Michael Rooney Gomar.

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Mimika Ida Wahyuni dalam sambutannya mewakili Bupati Mimika Eltinus Omaleng pada pembukaan kegiatan mengungkapkan pelaksanaan seleksi sekda definitif menjadi salah satu tugas lama Pemkab yang akhirnya hari ini terlaksana.

“Seleksi Sekda definitif di Kabupaten Mimika ini memang memerlukan waktu beberapa lama, dan menjadi pergumulan kami di Mimika untuk mendapatkan Sekda definitif,” ujarnya.

Atas pelaksanaan seleksi Sekda definitif ini, Ida memberikan apresiasi kepada Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber daya Manusia (BKPSDM) Mimika beserta jajaranya, sekretariat, dan panitia seleksi yang telah bekerja.

Ida berharap kepada tim seleksi bekerja profesional begitu juga dengan tim assement, sehingga Mimika memiliki Sekda definitif yang mampu melaksanakan tugas pokok dan fungsi dengan baik.

“Saya berharap kepada rekan sejawat pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) kedepan (apabila tidak terpilih sebagai sekda) dapat (tetap) bekerjasama dalam membangun Kabupaten Mimika,” ujarnya.

Perwakilan Tim Assemen dari Pusat Penilaian Kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) Purwanto mengungkapkan ini adalah seleksi perdana yang dilakukan pihaknya di Mimika.

“Ini kali pertama kami di sini, tetapi seleksi serupa sudah kami lakukan di beberapa kabupaten dan ditingkat pusat,” katanya.

Ia melanjutkan, hasil dari assesmen yang dilakukan ini akan masuk juga dalam Sistem Informasi Aparatur Sipil Negara (SiASN).

“Seleksi Sekda ini akan dilakukan dengan metode kompleks, (metode ini) kita arahkan untuk seleksi JPT Pratama dan eselon I, dan Sekda karena jabatan itu strategis,” tuturnya.

Purwanto menjelaskan, metode yang digunakan terdiri dari beberapa simulasi pertama sikluentif, analisis kasus, grup diskusi, diikuti presentasi oleh masing-masing peserta juga wawancara.

“Kita juga lakukan simulasi yang sama untuk seleksi eselon I tingkat kementerian, juga seleksi jabatan di provinsi, sehingga ada standar yang sama,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala BKPSDM Mimika Everth Hindom mengatakan proses seleksi yang dilakukan saat ini adalah tahapan awal, yakni assesmen yang timnya direkomendasikan oleh Komisi Apratur Sipil Negara (KASN). Setelah tahapan ini, dilakukan proses pengolahan penilaian selama lima hari untuk kemudian dilanjutkan dengan tahapan wawancara dan rekam jejak peserta yang dilakukan oleh Tim Panitia Seleksi (Pansel).

“Pada tanggal 25 April 2024 tim Pansel akan menyerahkan hasil assesmen dan wawancara kepada Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK), kemudian pada tanggal 26, kami sampaikan hasil kepada KASN, kemudian menyurati ke Kemendagri untuk dilakukan pelantikan terhadap Sekda definitif yang terpilih,” tuturnya.

Everth menambahkan tim Pansel seleksi Sekda Definitif Mimika terdiri Ketua Tim yakni Pj Sekda Papua Tengah Anwar Damanik, anggota Kepala Kantor Regional BKN Wilayan IX Sabar P Sormin, Inspektur Inspektorat Papua Tengah Hasan Warihi, dan dua akademisi.

Seperti diketahui, keempat peserta yang mengikuti seleksi terbuka Sekda definitif sebelumnya telah lolos seleksi administratif yang diumumkan oleh ketua panitia tim seleksi dan tertuang dalam pengumuman hasil seleksi administrasi nomor 06/PANSEL-JPTP/IV/2024 pada 02 April 2024 lalu.

penulis : Fachruddin Aji
editor : Iba

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *