Bupati Asmat “Borong” Ratusan Noken di Festival Asmat Pokman ke 36

Bupati Asmat Borong Ratusan Noken
Bupati Asmat Elisa Kambu didampingi istri tercinta Orpa Kambuaya Kambu saat menyusuri lapangan Yos Sudarso membeli noken, Rabu (11/10/2023). (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)

TIMIKA | Bupati Asmat Elisa Kambu memborong ratusan noken saat mengunjungi para pengrajin di Festival Asmat Pokman ke 36 tahun di Lapangan Yos Sudarso Agats, Kabupaten Asmat, Papua Selatan, Rabu (11/10/2023).

Tidak hanya noken, bupati juga membeli kerajinan lainnya seperti topi dan tulang kasuari yang biasa digunakan dalam perang.

Noken-noken yang dibeli bupati berbahan rajutan dari kulit kayu gaharu dan melinjo, bahkan ada juga yang diberi hiasan kulit kerang.

Advertisements

Satu topi rajut yang dibeli seharga Rp500 ribu, langsung dipakai oleh Bupati Asmat dua periode itu.

Puluhan pengrajin mama-mama yang berjualan di Lapangan Yos Sudarso, Kota Agats ini, disambangi satu persatu.

Bupati yang didampingi istri, Orpa Kambuaya Kambu, bahkan memilih sendiri noken-noken yang dibelinya.

Masing-masing penjual dibeli mulai 5 sampai 10 noken.

Tidak tanggung-tanggung, tim bupati bahkan membawa dua karung berukuran besar untuk mengangkut hasil buruan noken dari mama-mama.

Mama-mama penjual yang sebagian besar datang dari kampung di pesisir ini tampak senang karena jualannya dibeli langsung oleh Bupati Elisa Kambu.

penulis : Anya Fatma
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *