Dinkes Mimika: Guru Menolak Divaksin, Sekolah Tatap Muka Belum Diperbolehkan

Reynold Ubra. (Foto: Anya Fatma/SP)
Reynold Ubra. (Foto: Anya Fatma/SP)

TIMIKA | Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Papua, Reynold Ubra mengungkapkan ada guru-guru di wilayah itu yang menolak untuk divaksin.

Ia mengatakan, saat in puskesmas sedang konsen memberikan vaksinasi kepada guru-guru.

Hal ini dilakukan karena salah satu syarat untuk bisa melaksanakan sekolah tatap muka ialah guru-guru di sekolah bersangkutan sudah divaksin.

“Sayangnya beberapa guru ada yang menolak. Tidak tahu dari sekolah mana dan berapa jumlah guru,” kata Reynold saat diwawancara di Timika, Jumat (4/6/2021).

Reynold menjelaskan sudah ada instruksi dari Mendikbud bahwa pastikan semua guru-guru sudah divaksin baru bisa melakukan sekolah tatap muka yang tetap terbatas dan diatur waktunya.

“Jadi sekolah tatap muka boleh dibuka kalau guru-gurunya sudah divaksin semua,” katanya

Ia mengatakan, yang saat ini sudah sangat siap ialah SMK Negeri. Namun, menurutnya guru-guru di SMP dan SD juga pasti siap.

Reynold menuturkan hingga kini masih meminta Puskesmas untuk membuat daftar guru-guru berdasarkan sekolah dan zonasi. Karena data yang sudah diperoleh ialah data semua guru dari dinas pendidikan.

“Dinas Pendidikan sudah memberikan kami data cuma ini harus dilihat satu-satu karena didalam zonasi misalnya Mimika Baru jumlah SMP sekian SD sekian,” tutur Reynold.

reporter : Anya Fatma
editor : Batt

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.