Dinkes Mimika Kampanyekan Germas Dengan Ajak Masyarakat Konsumsi Pangan Lokal

PANGAN | Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Lenni Silas saat menunjukan contoh penyajian makanan pangan lokal di dalam suatu kegiatan. (Foto: Kristin Rejang/SP)
PANGAN | Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Lenni Silas saat menunjukan contoh penyajian makanan pangan lokal di dalam suatu kegiatan. (Foto: Kristin Rejang/SP)

TIMIKA | Pada Tahun 2021 ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Provinsi Papua mengkampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Dimana Germas merupakan sebuah gerakan yang bertujuan untuk membudayakan hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat.

Aksi Germas ini juga diikuti dengan memasyarakatkan perilaku hidup sehat dan dukungan untuk program infrastruktur dengan basis masyarakat.

Salah satu yang menjadi konsen dari Gernas adalah, mengajak masyarakat untuk mengkonsumsi pangan lokal.

Hal tersebut diaplikasikan dalam acara pencanangan Bulan Vitamin A yang berlangsung di Kelurahan Wanagon, Sabtu (6/2/2021).

Dinkes Mimika menyiapkan pangan lokal untuk para tamu yang datang yaitu Telur, Keladi, Petatas, Jagung Rebus dan buah – buahan.

“Kami menyediakan menu pangan lokal, terkait dengan program germas atau gerakan masyarakat hidup sehat, untuk senantiasa ketika ada acara boleh menyiapkan snack berupa pangan lokal,” kata Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat pada Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Lenni Silas, Sabtu.

Ia berharap agar di dalam acara – acara atau kegiatan pemerintah maupun masyarakat jangan selalu bergantung dengan makanan olahan pabrikan.

“Selama ini kita siapkan snack atau makanan yang terbuat dari tepung – tepungan, tapi kalau boleh sekarang kita mengkampanyekan gerakan masyarakat hidup sehat. Dimana kita harus memberdayakan masyarakat untuk senantiasa menggunakan pangan lokal,” tuturnya.

 

Reporter: Kristin Rejang
Editor: Batt

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.