Dorong Komunitas Ekspor, BI Papua Gelar Festival Kopi

Suasana jumpa pers terkait festival kopi (Foto: Musa/seputarpapua)
Suasana jumpa pers terkait festival kopi (Foto: Musa/seputarpapua)

JAYAPURA | Bank Indonesia Provinsi Papua terus mendorong komunitas ekspor dengan menggelar festival kopi.

Kepala Tim Bank Indonesia Pronvisi Papua, Remon Samora mengatakan sebanyak 37 Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Papua dilibatkan dalam festival tersebut, tentu festival kopi tetapi tidak selamanya kopi.

“Tapi ada 19 UMKM sektor kopi, jadi kurang lebih ada 50 persen dari sektor kopi,” kata Remon kepada awak media, Jumat (4/8/2023).

Advertisements

Kemudian, kata dia, tiga UMKM dari sektor kerajinan, 14 UMKM dari makanan dan minuman dan satu UMKM dari sektor fashion.

Untuk memeriahkan acara, menurut dia, pihaknya menyediakan doorprize berupa sepeda motor, dengan syarat adalah para pengunjung yang hadir di festival kopi dan bertransaksi harus harus menggunakan kris.

“Ini sudah menjadi menu wajib, supaya pengunjung yang menggunakan kris mendapat undian hadiah doorprize,” ujarnya.

Festival kopi ini berlangsung pada 4-8 Agustus, mulai pukul 15.00 WIT hingga pukul 21.00 WIT di Eks terminal Entrop Jayapura.

“Kami akan menghadirkan 10 artis baik dari tingkat lokal maupun tingkat nasional,” katanya.

Lebih menarik lagi, menurut dia, untuk festival kopi 2023 ini, pihaknya menyediakan beberapa anggeda kegiatan yang pastinya menarik dan sayang kalau tidak dihadiri.

Kegiatan pertama yaitu, hiburan dan kompetisi festival musik dengan 10 talen lokal dan nasional, kemudian kompetidi kopi.

Advertisements

Untuk kompetisi ini, kata dia, pihaknya mengundang juri sekaligus narasumber yang sudah punya nama ditingkat nasional.

“Jadi, kita punya spirit, punya semangat agar festival kopi Papua ini menjadi satu ajang yang bisa dikatakan skala nasional,” ujarnya.

Advertisements

Lanjut dia, menjadi ajang yang mungkin lingkupnya masih di Papua, tetapi dari sisi narasumber,  juri, sangat berkualitas.

“Tetapi, benar-benar kompeten dan bisa kami anggap kualifait yang mungkin bisa menjadi juri dalam acara tersebut,” katanya.

Guna membuat acaranya lebih menarik lagi, pihaknya akan menyediakan kompetsi E-sport.

Advertisements

Tema festival kopi Papua 2023, yaitu mendunia dari bumi Papua.

Spirit utama dari festival ini yaitu festival kopi ini didorong untuk menjadi komunitas ekspor unggulan kopi Papua.

penulis : Musa
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *