Freeport Gelar Upacara HUT RI di Kuala Kencana, 80 Anggota Paskibra Dikukuhkan

Menteri Bahlil Lahadalia didampingi Presdir PTFI, Tony Wenas, memasang ban Paskibra kepada perwakilan Paskibra. (Foto: Saldi/Seputarpapua)
Menteri Bahlil Lahadalia didampingi Presdir PTFI, Tony Wenas, memasang ban Paskibra kepada perwakilan Paskibra. (Foto: Saldi/Seputarpapua)

TIMIKA | PT Freeport Indonesia (PTFI) tak hanya menggelar upacara peringatan HUT ke 77 Republik Indonesia (RI) pada 17 Agustus 2022 di dataran tinggi (highland) Tembagapura, tapi juga di dataran rendah (lowland) Kuala Kencana

Karena itu, Senin malam (15/8/2022), bertempat di Hanggar Avco Bandara Mozes Kilangin Timika, dilakukan pengukuhan terhadap 80 anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra).

Upacara pengukuhan Paskibra dipimpin langsung Presiden Direktur PTFI, Tony Wenas.

Dalam upacara pengukuhan ini, turut hadir Menteri Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia, yang sekaligus bertindak menyematkan lencana atau wing dan ban Paskibra kepada anggota Paskibra PTFI area lowland Kuala Kencana.

Usai upacara, dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat dari Menteri Bahlin dan jajaran PTFI serta Forkopimda kepada peserta Paskibra. Kemudian dilanjutkan dengan foto bersama.

Pelatih sekaligus Komandan Paskibra, Letda Kav Bambang Rudianto usai upacara pengukuhan mengatakan, dari total 80 anggota paskibra, 30 diantaranya merupakan siswa kelas VIII dan IX SMP YPJ Kuala Kencana, sementara sisanya merupakan karyawan gabungan dari beberapa departemen yang ada di PTFI.

Ia menjelaskan, manajemen PTFI menunjuk Detasemen Kavaleri (Denkav) 3/SC sebagai pelatih Paskibra PTFI area lowland Kuala Kencana. Karena itu, dengan rentang waktu pelatihan hanya 2 minggu, Ia berharap pelaksanaan upacara HUT RI nanti dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

“Dari waktu 2 minggu, kurang sebenarnya. Tapi kita bersyukur adik-adik kita ini semangat, walaupun hujan, panas, juga masih latihan. Jadi, kita paksakan Sabtu-Minggu tetap latihan. Karena mereka semangat, ya kita bisa selesaikan (latihan). Insyaallah pasti bisa nanti, saya yakin,” terangnya.

Dalam waktu singkat 2 minggu, pihaknya tidak sempat memberikan materi wawasan kebangsaan, namun hanya fokus untuk melatih kekompakan dan juga mental anggota Paskibra.

Ia menyebut, untuk pembawa baki dalam upacara HUT RI di Kuala Kencana nanti, adalah Carolina Maria Irene Deda, siswi SMP YPJ Kuala Kencana.

 

reporter : Saldi
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.