Ini Program Dinas Peternakan Bantu Atasi Stunting di Mimika

Ilustrasi Program Stunting
Ilustrasi (Foto: Freepik.com)

TIMIKA | Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Mimika akan mencanangkan program “One Day, One Egg, Plus Chicken” untuk membantu penanganan stunting di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah.

Kepala Disnakkeswan Mimika Sabelina Fitriani mengatakan, program “One Day, One Egg, Plus Chicken” adalah pemberian telur sehari sebutir selama tiga bulan, sampai Desember 2023, kepada anak penderita stunting di 20 kampung yang tersebar di Kabupaten Mimika,

“Disisa waktu kami (Disnakkeswan) APBD Perubahan 2023 akan menggelar kegiatan One Day, One Egg, Plus Chicken di 20 kampung yang terdapat stunting,” kata Sabelina saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (3/10/2023).

Keterbatasan waktu menjadi alasan program tersebut hanya akan dilakukan Disnakkeswan di 20 kampung seputaran wilayah perkotaan Mimika.

“Mungkin kita akan berikan 20 sampai 25 kampung karena keterbatasan waktu,” ujarnya.

Sesuai dengan judul program “One day, One Egg, plus Chicken”, Disnakkeswan juga akan memberikan ayam kampung untuk keluarga anak yang menderita stunting.

“Kami akan berikan tiga sampai empat ekor, harapannya untuk dipelihara, sebagai upaya mencegah stunting. Nanti telurnya atau ayamnya berkembang (semakin bertambah) dagingnya bisa dimakan, jadi nilai gizinya sebagai asupan makanan terpenuhi,” jelasnya.

Ia menambahkan, data 20 kampung tersebut berasal dari kerjasama antara pihaknya dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Mimika.

penulis : Fachruddin Aji

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *