KONI Papua Evaluasi Cabor Tak Berkontribusi Raih Emas PON XX

Pelepasan Kontingen Papua
Pelepasan Kontingen Papua

JAYAPURA | Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua akan mengevaluasi cabang olahraga (cabor) yang tak memberikan kontribusi target meraih medali emas pada perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

Sekretaris Umum KONI Papua Kenius Kogoya mengatakan, dari awal pihaknya juga sudah memperhitungkan ada beberapa cabor yang tidak berpeluang meraih medali.

“Memang ada beberapa cabor yang bertanding tidak memberikan kontribusi, tetapi memang dari awal kita sudah menghitung tidak ada peluang seperti renang, basket putra-putri itu tidak akan masuk. Tapi itu tetap akan jadi bahan evaluasi karena kita tuan rumah turunkan full tim,” kata Kenius di Jayapura, (24/10/2021).

Lanjut kata Kenius, salah satu strategi Papua bisa melewati over target perolehan medali emas hingga menempatkan kontingen Papua berada diperingkat 4 besar Nasional dikarenakan KONI Papua menurunkan kekuatan full seluruh atlet terbaiknya disemuanya nomor pertandingan di PON XX Papua.

“Ini salah satu yang menjadi kekuatan kita, kenapa medali kita banyak karena jumlah personel yang kita turunkan sebagai tuan rumah itu sangat banyak, hampir sekitar 925 atlet dan itu lebih banyak dari kontingen lain seluruh Indonesia,” ungkapnya.

Kontingen Papua awalnya menargetkan 84 medali emas. Target itu diberikan target Gubernur Papua Lukas Enembe untuk menjadi juara nomor 1 diluar Papua.

“Kemudian juga diperkuat dengan kemampuan atlet-atlet itu sendiri, mempersiapkan diri dengan baik, sehingga bisa melampaui target medali dan berada diperingkat 4 besar di PON XX Papua,” tandasnya.

Dalam perhelatan multi event PON XX, Kontingen Papua mampu menorehkan sejarah baru dengan perolehan 93 medali emas, 66 medali perak dan 102 medali perunggu.

Perolehan itu membuat Papua berada diperingkat 4 besar Nasional se-Indonesia melewati target dari sebelumnya.

reporter : Vidi
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.