KONI Papua Sambut Baik Hasil PraPON XXI

KONI Papua Sambut Baik Hasil PraPON XXI
Ketua Umum KONI Papua Kenius Kogoya (Foto: Vidi/Seputarpapua)

JAYAPURA | KONI Papua menyambut baik hasil Prakualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PraPON) XXI Aceh-Sumatera Utara yang dianggap bisa menjadi motivasi bagi para atlet ketika berlaga di ajang olahraga empat tahunan tersebut.

Selama PraPON yang berlangsung sejak bulan Mei hingga Oktober 2023, tercatat para atlet Papua sudah menyumbangkan 50 medali emas, 28 medali perak dan 23 medali perunggu.

“Saat ini antusias semua cabang olahraga baik akurasi, beladiri, terukur, permainan dan perorangan maupun atlet eks PON kemarin, mereka cukup tinggi euforianya,” kata Ketua KONI Papua Kenius Kogoya, di Jayapura, Kamis (9/11/2023).

Para atlet, sambung Kenius, kini memiliki optimisme tinggi untuk mengulang prestasi PON XX, dimana Papua saat itu menjadi tuan rumah.

“Semangat mereka untuk bagaimana mempertahankan prestasi, memperjuangkan Papua untuk ada dalam peringkat empat besar nasional yang kemarin sudah diraih. Itu pasti tentu mereka ingin mempertahankan kembali,” tuturnya.

Dia menyebutkan perolehan medali yang didapatkan oleh para atlet yang berlaga pada babak PraPON XXI ini masih berada diperingkat lima besar nasional.

“Tentu saja dalam persiapan kita saat ini, perolehan medali yang diperoleh, para atlet kita itu sudah tunjukan prestasi yang luar biasa. Terutama cabang olahraga beladiri, permainan, akurasi dan terukur ini mereka semuanya sudah menunjukan hasil yang sangat baik. Dari perolehan medali yang mereka peroleh kita sesungguhnya masih ada diperingkat lima besar,” ujarnya.

Sebagai informasi, Papua para PON XX sukses berada di posisi keempat dengan mengoleksi 93 emas, 66 perak, dan 102 perunggu.

Capaian tersebut merupakan hasil terbaik sepanjang Papua mengikuti ajang olahraga nasioanl empat tahunan tersebut.

Pencapaian terbaik Papua di PON sebelumnya terjadi pada edisi 1985 di Jakarta. Ketika itu Papua finis di posisi kelima dengan 23 emas, 24 perak dan 26 perunggu.

penulis : Vidi
editor : Wan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *