Kontak Tembak di Kantor Bupati Intan Jaya, Satu Personel TNI Terluka

Suasana kontak tembak di halaman Kantor Bupati Intan Jaya. (Insert: Pangdam XVII/ Cenderawasih, Mayjen TNI Izak Pangemanan) (Foto: Ist/Firga/Seputarpapua))
Suasana kontak tembak di halaman Kantor Bupati Intan Jaya. (Insert: Pangdam XVII/ Cenderawasih, Mayjen TNI Izak Pangemanan) (Foto: Ist/Firga/Seputarpapua)

JAYAPURA | Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali berulah dengan menyerang Personel TNI Satgas Yonif 330/Tri Dharma di Kabupaten Intan Jaya, Provinsi Papua Tengah pada Senin, 29 Januari 2024.

Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Izak Pangemanan menjelaskan bahwa penyerangan terjadi saat personel TNI tengah melakukan pengamanan rapat di Kantor Bupati Intan Jaya.

Lantaran diserang, personel TNI yang bertugas kemudian melakukan tembakan balasan sehingga terjadi kontak tembak kurang lebih 30 menit lamanya.

“Mereka (KKB) tembaki anggota kita saat melakukan pengamanan rapat Forkopimda di Kantor Bupati Intan Jaya,” kata Pangdam XVII/Cenderawasih saat ditemui di Kota Jayapura, Papua, Kamis (1/2/2024) siang.

Dikatakan, dari kontak tembak itu, satu personel TNI dilaporkan terluka dan harus dievakuasi ke Mimika untuk mendapatkan penanganan medis.

“Tembakan itu tidak langsung mengenai sasaran, pelurunya hanya mengenai tembok, tapi proyektilnya mengenai salah satu anggota kami sehingga kita evakuasi ke Timika untuk penanganan medis. Untuk kondisinya sudah membaik,” ungkapnya.

Pangdam menyebut, dalam aksinya KKB, selalu menggunakan masyarakat sebagai tameng. Mereka menyusup dalam kerumunan warga dan setelah itu menyerang aparat yang bertugas.

“Mereka ini sudah mundur ke dalam hutan, tapi memang ada 1-2 orang masih di dalam kota Sugapa yang terus mengganggu situasi kamtibmas di sana,” bebernya.

Saat ini diakuinya warga yang mengungsi sudah kembali ke rumah masing-masing. Namun, warga diminta untuk tidak beraktivitas hingga situasi benar-benar kondusif.

“Masyarakat sudah kembali ke rumah masing-masing, tapi kita minta untuk jangan dulu beraktivitas hingga benar-benar kondusif. Kami tegaskan apabila mereka (KKB) terus mengganggu keamanan, maka kami akan bertindak dengan kekuatan penuh,” tegasnya.

penulis : Firga

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *