KPU Papua akan Gelar Pemilu Susulan di 7 Distrik

Ketua KPU Papua, Steve Dumbon. (Foto: Firga/Seputarpapua)
Ketua KPU Papua, Steve Dumbon. (Foto: Firga/Seputarpapua)

JAYAPURA | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua memastikan akan menggelar pemungutan suara susulan di 7 distrik pada 4 kabupaten.

Pemungutan suara susulan ini akan dilaksanakan di Kabupaten Waropen (Distrik Kiridi), Kabupaten Keerom (Distrik Towe), Kabupaten Sarmi (Distrik Apawer Hulu) dan Kabupaten Mamberamo Raya (Distrik Mamberamo Hulu, Distrik Mamberamo Tengah, Distrik Mamberamo Tengah Timur dan Distrik Roufair).

“Dari 105 distrik yang tersebar di 8 Kabupaten dan 1 kota di Papua belum semua melaksanakan pemungutan suara. Ada 7 distrik di 4 kabupaten yang harus melaksanakan pemungutan suara ulang,” kata Ketua KPU Papua Steve Dumbon saat ditemui di Kantor KPU Papua pada Rabu (14/2/2024) malam.

Steve menjelaskan, pemungutan suara susulan ini akan dilakukan karena hingga Rabu malam, ketujuh distrik ini belum melakukan pemungutan suara karena logistik pemilu belum tiba akibat cuaca buruk.

“Kendalanya adalah hingga hari ini (Rabu) distribusi logistik pemilu belum sampai ke tujuh distrik ini karena cuaca buruk ynng menyebabkan distribusi logistik terhambat,” bebernya.

“Sebagai contoh di Distrik Towe itu distribusi logistik sudah berlangsung sejak kemarin, tapi dalam perjalanan sungainya banjir sehingga petugas tidak bisa menyebrang dan tim masih tertahan di pinggir sungai,” sambungnya.

“Sementara logistik pemilu untuk Distrik Kirihi Waropen belum bisa distribusi karena cuaca buruk dan helikopter yang membawa logistik tidak bisa mendarat sehingga harus kembali,” tuturnya.

Mantan jurnalis ini mengaku apabila cuaca sudah membaik, maka akan langsung di distribusikan agar dilakukan pemungutan suara.

“Kita diberikan waktu selama 7 hari untuk menggelar pemungutan suara susulan, jadi kalau dalam satu atau dua hari ini logistik sudah sampai di TPS, maka langsung digelar,” tandasnya.

penulis : Firga
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *