Kunjungi Merauke, Mentan Janji Cetak 500.000 Hektare Sawah

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman saat tiba di Bandara Mopah Merauke.(Foto: Hendrik/Seputarpapua)

MERAUKE | Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menyatakan akan melanjutkan program lumbung pangan di Kabupaten Merauke, Papua Selatan.

Kabupaten Merauke sebelumnya telah menyandang predikat lumbung pangan nasional sebagaimana dicanangkan Presiden RI Joko Widodo sejak 2017 lalu dengan pembukaan lahan 1 juta hektar.

“Alhamdulillah, dulu kami rintis di sini sawah 10.000 hektar dan sekarang produksinya sudah nampak, sudah berhasil. Dulu rencana kita kembangkan di sini sampai 1 juta hektar,” ujar Amran Sulaiman kepada awak media saat di Bandara Mopah Merauke, Selasa (16/2/2024) sore.

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Merauke selama hari (16-17 April 2024) dalam rangka suksesi program food estate. Mentan Amran Sulaiman akan mengunjungi Distrik Tanah Miring yang menjadi kawasan pengembangan pertanian.

“Dan insyallah ke depan ini kita coba merintis, membangun, mencetak sawah 500.000 hektare karena lahannya sudah ada. Potensinya sangat bagus, airnya melimpah dan seterusnya. Ini kita jadikan lumbung pangan,” sambungnya.

Mentan meyakini di tengah krisis pangan dunia dan dampak Elnino yang merajalela, pengembangan lahan pertanian melalui pembukaan lahan sawah di Kabupaten Merauke menjadi kekuatan program lumbung pangan nasional.

“Saat ini ada elnino dan krisis pangan dunia, dan ini sangat strategis sehingga lahan yang sudah ada kita tingkatkan. Kemudian lahan yang 500.000 hektar akan kita garap. Moga-moga bisa selesai satu tahun kedepan. Ini menjadi lumbung pangan kita, kekuatan kita,” kata Menteri.

“Saya tadi lihat dari udara, di Merauke potensi lahannya luar biasa. Airnya sangat luar biasa. Dan inilah surganya pertanian di Timur Indonesia,” tandasnya.

Selain Mentan, juga dijadwalkan Wakil Menteri Pertahanan Republik Indonesia Muhammad Herindra. Namun Wamenhan dijadwalkan akan tiba, Rabu (17/4/2024).

Bupati Merauke, Romanus Mbaraka menjelaskan kunjungan kerja Mentan dan Wamenhan ke Merauke ini dalam rangka suksesi program food estate.

“Hari ini Mentan dan besok Wamenhan akan tiba di Merauke dalam rangka suksesi program food estate di Merauke,” kata Romanus Mbaraka.

Menurut Romanus Mbaraka Presiden Terpilih Prabowo Subianto memberikan atensi agar besok Indonesia memiliki ketahanan pangan yang kuat dan menjadi swasembada pangan.

“Itu tekad beliau agar Indonesia ini sukses pangan. Salah satu turunan dari konsep itu, food estate akan kita coba kelola dengan baik, lintas departemen. TNI-Polri terlibat seluruhnya untuk kita kelola, karena Merauke memiliki potensi pertanian dalam skala yang besar dan industri,” kata Bupati Mbaraka.

Dia menambahkan, selama ini pertanian di Kabupaten Merauke sudah coba dikelola dengan tenaga manusia dan skala rumah tangga oleh petani dan masing-masing kepala keluarga.

“Kita upayakan dengan pengelolaan yang maksimal, kita akan mengarah pada industrialisasi pertanian. Selain dilakukan intensifikasi pertanian juga akan dilakukan ekstensifikasi pertanian di Merauke,” tutupnya.

penulis : Hendrik Resi
editor : Wan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *