Linus 2022 Zona Papua Jaring 14 Calon Pemain Futsal PON ke-21 Aceh-Sumut

Selebrasi Futsal Papua raih medali emas di PON XX Papua. (Foto: Humas PON XX)
Selebrasi Futsal Papua raih medali emas di PON XX Papua. (Foto: Humas PON XX)

JAYAPURA | Sebanyak 14 pemain futsal mendapatkan kesempatan menjalani seleksi untuk persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-21 tahun 2024 di Sumatera Utara dan Aceh.

14 nama itu di jarring melalui Liga Futsal Nusantara 2022 zona Papua digelar sejak, 17-19 Maret 2022 kemarin di Lapangan Futsal Mutiara Hitam, Polimak, Kota Jayapura.

Dari 14 nama itu berasal dari 3 tim yang berpartisipasi dalam Liga Futsal Nusantara 2022 yakni Silaga 1704 FC (Kabupaten Merauke), Elken FC (Kota Jayapura), dan Futsal Mimika (Kabupaten Mimika).

14 nama itu yang terjaring dari Elken FC yakni Maikel Kowo, Roland Howai, Yusuf Letsoin, dan Arjun Wijayadi. Dari Futsal Mimika yakni Marselino Waukateyau, Daniel Leinata, Ones Bonay dan Denilson Rawar. Sedangkan dari Silaga 1704 FC yakni Gusnando, Mansur C, Yordan Kaose, Vincensius Kandam, dan Marius Kakare.

Ketua panitia pelaksana Liga Futsal Nusantara Daud Arim mengatakan 14 nama pemain futsal itu akan diserahkan kepada Asosiasi Provinsi PSSI Papua dan KONI Provinsi Papua untuk selanjutnya ditindaklanjuti.

“Dari 3 hari kita gelar Linus ini dari setiap tim ada pemain terjaring. Ini kita melihat mereka masih muda, berkualitas dan mental dan memahami permainan untuk seleksi lagi persiapan PON ke-21 tahun 2024 Sumut dan Aceh,” kata Daud Arim yang adalah eks pelatih futsal PON Papua.

Kata Daud Arim, bukan hanya di Liga Futsal Nusantara yang akan terjaring pemain futsal persiapan PON ke-21. Namun juga telescoting bakal menjaring pemain futsal yang berlaga pada turnamen futsal Walikota Cup ke-1 digelar di GOR Cenderawasih APO, Kota Jayapura.

“Hasil dari walikota cup kita juga akan pantau beberapa pemain disana, melihat pemain usia muda 2001 ke atas, supaya pas PON ke-21 nanti batas usianya masih bisa karena 23 tahun ke bawah untuk PON,” ujarnya.

Eks pelatih yang membawa Futsal PON Papua meraih medali emas memastikan satu tiket lolos tanpa mengikuti Pra-PON lagi.

“Otomatis kita sudah lolos di PON, jadi jauh-jauh hari kita sudah siapkan pemain. Jangan dekat PON baru tergesa-gesa, kita usulkan nama-nama ini tinggal nanti Asprov dan KONI Papua yang tentukan, termasuk pelatih kepalanya nanti siapa yang ditunjuk bisa tangani pemain-pemain ini,” ujarnya.

Seleksi calon pemain futsal untuk membela Papua di PON 2024 karena hanya menyisahkan 1 nama saja yang tidak melewati batas usia yang ditetapkan.

“Ini sudah 14, kita perkirakan 30 orang kemudian diseleksi lagi, kita usulkan ke KONI dan Asprov Papua. Karena cuma ada 1 pemain Daniel karena masih muda, masuk di seleksi juga, kita akan pantau walikota cup 2001 ke atas, kita rekomendasikan,” tandasnya.

reporter : Vidi
editor : Mish

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.