Lipat Surat Suara Capres, Kantor KPU Jayapura Dijaga Ketat

Tampak ratusan warga sementara melipat surat suara di gudang KPU Kabupaten Jayapura. Foto: Firga/Seputarpapua

JAYAPURA | Setelah menyelesaikan pelipatan surat suara Capres-Cawapres dan DPD RI, KPU Kabupaten Jayapura melanjutkan pelipatan surat suara DPR RI, DPRD Provinsi Papua dan DPRD Kabupaten Jayapura.

Jumlah surat suara legislatif yang akan dilipat berjumlah 822 koli. Terdiri dari 276 surat suara DPR RI, 276 koli surat suara DPRD Provinsi Dapil 3 Papua dan 270 koli surat suara DPRD Kabupaten Jayapura.

“Total surat suara yang kita lipat ini sebanyak 822 koli terdiri dari surat suara DPR RI, DPRD Provinsi Papua dan DPRD Kabupaten Jayapura. Yang kita lipat terlebih dulu yaitu surat suara DPRD Provinsi Papua karena itu masuk duluan,” kata Ketua KPU Kabupaten Jayapura, Daniel Mebri saat ditemui di gudang KPU Puspenka Sentani pada Rabu (17/1/2024) siang.

Proses pelipatan surat suara legislatif ini melibatkan ratusan petugas baik mahasiswa, perempuan dan masyarakat umum.

“Kita masih melibatkan masyarakat seperti mahasiswa, pemuda gereja, pemuda mesjid, kemudian perempuan dan masyarakat umum. Syaratnya mereka ini tidak terlibat atau memiliki hubungan keluarga dengan para Caleg yang maju dalam Pemilu,” jelasnya.

Daniel menargetkan pelipatan surat suara ini selesai dalam waktu dekat, sehingga dilanjutkan dengan persiapan untuk proses distribusi logistik ke distrik dan kampung.

“Target kita kalau bisa pelipatan surat suara DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten ini selesai dalam waktu 4-5 hari kedepan sehingga kita lanjut ke persiapan distribusi logistik ke distrik maupun kampung,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Jayapura, AKBP Fredrickus Maclarimboen mengatakan pihaknya sudah mulai memperketat pengamanan di gudang KPU untuk mengantisipasi gangguan keamanan terhadap surat suara yang berada di gudang KPU.

“Kita lihat surat suara sudah masuk semua ke gudang KPU, jadi tentunya kami dari kepolisian akan meningkatkan pengamanan. Yang tadinya kita hanya 3-5 orang yang berjaga, sekarang kita tambah personil lebih banyak untuk berjaga apalagi maaam hari,” katanya kepada wartawan di gudang KPU Kabupaten Jayapura, Rabu siang.

Selain itu kata kapolres, pihaknya akan membatasi warga yang berkunjung ke gudang KPU Kabupaten Jayapura.

“Karena surat suaranya sudah sampai di gudang KPU, maka kita juga akan batasi yang datang kesini. Jadi warga yang tidak ada kepentingan kami himbau tidak datang kesini, apalagi caleg. Jadi setiap orang yang datang akan diperiksa oleh anggota,” tegasnya.

penulis : Firga
editor : Iba

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *