Manajer Tim Rugby PON XXI Papua Tengah: Kami Butuh Perhatian KONI dan Pemerintah

Tim Rugby 7s
Tim Rugby 7s Papua Tengah (The Kuskus Rugby) yang akan bertanding di PON XXI Aceh-Sumatera Utara. Foto: Istimewa.

TIMIKA | Manajer Tim Rugby PON XXI Papua Tengah Odizeus Beanal meminta Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), maupun stakeholder terkait lainnya di Papua Tengah menaruh perhatian kepada mereka.

Hal ini disampaikan Odi melalui keterangan tertulisnya yang diterima media ini pada Kamis (4/4/2024).

Odi sapaan akrabnya mengungkapkan, pihaknya ingin KONI dan stakeholder terkait lain memperhatikan tim Rugby 7s (seven) Papua Tengah dalam hal pendanaan juga dukungan moral mengingat persiapan mereka menuju PON Aceh-Sumatera Utara tahun 2024 yang akan berlangsung pada 8-20 September 2024.

“Kami berharap semoga KONI Provinsi Papua Tengah, untuk memberikan perhatian, dalam mempersiapkan para atlet kami, sehingga mereka dapat berlatih dengan maksimal untuk mencapai target yang dinginkan,” katanya.

Odi melanjutkan, para atlet telah menunjukan kemampuan dan kualitas sehingga bisa terpilih untuk memperkuat Tim Rugby 7s Provinsi Papua Tengah serta lolos pada ajang PON Aceh-Sumut 2024.

“Sekali lagi kami sangat membutuhkan perhataian dari pemerintah dan seluruh stakeholders yang berada di Provinsi Papua Tengah,” tegasnya.

“Kami adalah tim dari Daerah Otonomi Baru (DOB) pertama dalam cabor rugby 7s yang berhasil dibentuk dan langsung mengikuti ajang PON 2024 dengan segala kekurangan dan kelebihan kami. Ini adalah sejarah baru di Indonesia. Oleh karenanya perhatian KONI dan Pemerintah Provinsi Papua Tengah sangatlah dibutuhkan oleh para atlet Rugby 7s Papua Tengah dalam meningkatkan skill mereka,” imbuhnya.

Odi memaparkan persiapan tim rugby 7s Provinsi Papua Tengah sejauh ini telah sampai pada pemusatan latihan (TC) sejak Tanggal 22 Maret 2024.

“Jumlah atlet yang kami miliki sekarang yang sedang kami persiapkan berjumlah 12 orang. Mereka adalah para atlet rugby terbaik yang berada di Papua Tengah saat ini,” ujarnya.

Odi juga menyebut sebagian dari para atlet rugby dibawah naungannya memiliki pengalaman bertanding, sebab mereka pernah terlibat di dalam beberapa turnament rugby yang diselenggarakan di Papua dan juga diluar Papua.

“Atlet ini adalah mereka juga yang tangguh yang kemarin terlibat dalam turnamen Pra-PON Tanggal 5 Agustus 2023 di Tanggerang, Banten. Mereka berhasil keluar sebagai runner up group dan mengamankan satu tiket untuk bisa hadir dan berkompetisi pada ajang Rugby 7s PON di Aceh- Sumatera Utara bulan September 2024 dan itu akan menjadi PON pertama yang di ikuti oleh Tim Rugby 7s provinsi Papua Tengah,” jelasnya.

Perlu diketahui, Rugby 7s atau tujuh (bahasa Inggris: rugby sevens atau seven) merupakan olahraga variasi dari olahraga rugby di mana setiap tim bermain dengan tujuh pemain dalam tujuh menit per babak. 

penulis : Fachruddin Aji
editor : Felix

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *