Masyarakat Adat 7 Marga di Mimika Demo Hak Ulayat Kali Iwaka

AKSI - Masyarakat yang mengklaim pemilik kali Iwaka melakukan aksi demonstrasi di gedung DPRD Mimika, Senin (25/1/2021). (Foto: Saldi)
AKSI - Masyarakat yang mengklaim pemilik kali Iwaka melakukan aksi demonstrasi di gedung DPRD Mimika, Senin (25/1/2021). (Foto: Saldi)

Selanjutnya, Pemda diminta segera membuat peraturan daerah (Perda) atas kali Iwaka.

Apabila tuntutan yang disampaikan tidak ditindaklanjuti, masyarakat mengancam akan terjadi konflik horisontal.

“Apabila Pemda tidak akomodir tujuh poin maka, Pemda, DPRD, Lemasa, Lemasko maka masyarakat akan konflik horisontal,” tegas Melky Dimpau saat membacakan tuntutan dihadapan anggota DPRD Mimika dan Kapolres Mimika.

Menanggapi aspirasi yang disampaikan, Ketua DPRD Mimika, Robby K. Omaleng mengatakan kalau pihaknya akan menindaklanjuti aspirasi yang disampaikan.

“Kami terima dengan senang hati dan kami akan tindaklanjuti. Pada prinsipnya kami siap menindaklanjuti apa yang disampaikan koordinator, sehingga ini atensi kami seluruh anggota dewan. Kami besok akan rapat dengar pendapat (RDP) jam 10 dengan pihak-pihak terkait,” kata Ketua DPRD.

Pada kesempatan itu, Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata menyampaikan terimakasih lantaran masyarakat yang mengikuti aksi telah memakai masker.

Kapolres pun tidak bisa membiarkan masyarakat berlama-lama melakukan aksi lantaran harus mengikuti protokol kesehatan di tengah pandemi.

Akhirnya setelah menyerahkan aspirasi kepada ketua DPRD, masyarakat langsung membubarkan diri dan pulang ke rumahnya masing-masing.

 

Reporter: Saldi
Editor: Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *