Menakar Mimika Menjadi Tuan Rumah Liga 3 Zona Papua

Menakar Mimika Menjadi Tuan Rumah Liga 3 Zona Papua
(Dari kiri) Ketua Askab Mimika Nalio Jangkup, Plt Tim Verifikasi Asprov PSSI Papua Haikal Mikail, Wakil Ketua I KONI Papua Tengah, Cessar Avianto Tunya, Perwakilan Asprov PSSI Papua, Kadisparbudpora Jacob Jantje Toisuta. Saat meninjau stadion wania Imipi, Sabtu (18/11/2023). (Foto: Ist/Askab PSSI Mimika)

TIMIKA | Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) melakukan kunjungan dan asesmen stadion SP1 Mimika, Papua Tengah, dalam rangka rencana penyelenggaraan Liga 3 Zona Papua Tengah pada 2024 mendatang.

Hal ini disampaikan Plt Tim verifikasi Asprov PSSI Papua Tengah Haikal Mikail usai melakukan survei verifikasi kelayakan stadion Wania Imipi SP1, Sabtu (18/11/2023)

Usai melakukan kunjungannya, Haikal mengatakan secara umum stadion SP 1 memenuhi standar menyelenggarakan turnamen nasional Liga 2 dan 3, namun masih ada beberapa catatan yang perlu diperbaiki.

Adapun yang menjadi catatan, yakni belum adanya fasilitas kamar mandi di ruang wasit, ruagan khusus broadcasting (penyiaran), dan jalur kemanan untuk ambulan, itu sudah ada dan memenuhi standar,” ungkapnya.

Haikal mengaku perbaikan dan penambahan yang dilakukan dinilai tidak terlalu besar tetapi sangat penting dan harus dipenuhi.

“Secara keseluruhan aspek utama seperti akses keselamatan, akses kendaraan dan sebagainya itu sudah memenuhi standar,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Askab PSSI Mimika Nalio Jangkup mengatakan, sesuai hasil survei dan kesiapan semua fasilitas stadion sudah masuk standar dan mendapat rekomendasi penyelenggaraan liga 3 dan liga 2.

Terkait perbaikan itu, Nalio mengatakan Askab PSSI Mimika dan Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Mimika bersepakat membagi tugas melengkapi catatan-catatan yang diberikan tim penilai.

“Hal-hal fisik yang mendesak itu tetap dibawah Disparbudpora,” tegasnya.

Nalio mengatakan dengan hasil verifikasi ini, tahun 2024 liga 3 sudah diselenggarakan di Provinsi Papua Tengah.

“Mudah-mudahan bisa difokuskan di Timika,” tutupnya.

penulis : Fachruddin Aji
editor : Iba

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan