Pameran UMKM dan Budaya Kolaborasi Dua Instansi Ramaikan HUT ke 27 Mimika

Pameran UMKM di Emeneme
Suasana pameran budaya dan UMKM yang digelar di pelataran gedung Eme Neme Yauware, Mimika, Jumat (13/10/2023). (Foto: Fachruddin Aji/seputarpapua)

TIMIKA | Sebanyak 130 pelaku usaha meramaikan pameran budaya dan UMKM dinhalaman Graha Eme Neme Yauware, Jumat (13/10/2023).

Pameran yang dilakukan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) dalam rangka memeriahkan HUT ke 27 Mimika. Kegiatan digelar selama 5 hari, mulai 13-17 Oktober 2023,.

Puluhan stand terlihat berdiri berjajar, dengan tata letak seperti huruf U, pengunjung bisa dengan leluasa melihat hasil karya para pemahat, dan pengrajin anyaman serta makanan maupun produk tani lokal yang dipamerkan.

Advertisements

Patung dan ukiran asli suku Kamoro mengisi beberapa stand yang telah disiapkan. Sebagian lagi diisi dengan kerajinan anyaman seperti noken, dan tas dari bahan daun palem.

Kemudian, stand lainnya diisi dengan berbagai macam kuliner khas Mimika dan daerah nusantara lain. Ada pula stand bagi beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Mimika, seperti Dinas Pertanian, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Dinas Perikanan, stand ikan hias, ada juga beberapa bank.

Kepala Bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Samuel Yogi mengungkapkan. tujuan kegiatan digelar untuk mengembangkan produksi, pengolahan, pemasaran, Sumber Daya Manusia (SDM) serta desain teknologi di bidang ekonomi dan perdagangan.

Bupati Mimika Eltinus Omaleng dalam sambutannya yang dibacakan Assisten II Sekretariat Daerah Kabupaten Mimika Willem Naa menyebutkan, HUT Kabupaten Mimika dapat dijadikan momen bersama semua pihak untuk berkolaborasi memajukan produk UMKM dan kebudayaan Mimika

Selain itu, Bupati menegaskan agar masyarakat mencintai, memakai dan memkonsumsi produk-produk lokal dari UMKK Mimika.

“Sudah seharusnya kita bangga dengan produk lokal kita, karena kualitasnya tidak kalah dari produk lain,” tegasnya.

Bupati juga menyebut ada juga beberapa produk lokal Mimika yang layak diekspor seperti buah merah dan ukiran.

Advertisements

“Jadi seharusnya produk-produk UMKM lokal bisa bangkit menjadi raja di tanah air kita ini,” ujarnya.

penulis : Fachruddin Aji
editor : Iba

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *