Tim Sepakbola PPLPD Mimika Mulai Latihan Perdana

Jajaran pelatih dan pemain tim Sepakbola PPLPD Mimika usai menjalani latihan di Stadion Wania Imipi, Selasa 6 Februari 2024 sore. (Foto: Fachruddin Aji/seputarpapua)
Jajaran pelatih dan pemain tim Sepakbola PPLPD Mimika usai menjalani latihan di Stadion Wania Imipi, Selasa 6 Februari 2024 sore. (Foto: Fachruddin Aji/seputarpapua)

TIMIKA | Tim Sepakbola Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar Daerah (PPLPD) Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Mimika memulai latihan perdana.

Kepala Disparbudpora Mimika Yacob Toisuta mengatakan anak-anak asuh Fredy Oro sudah memulai latihan perdana mereka sejak Senin 5 Februari 2024.

“Seharusnya kita mulai latihan sejak Januari 2024 tetapi karena lapangan Wania Imipi dipakai untuk kualifikasi PON XXI akhirnya tertunda, tapi kita sudah mulai latihan sejak Senin kemarin,” ujarnya saat ditemui wartawan di Stadion Wania Imipi, Selasa 6 Februari 2024.

Ada 14 pemain yang saat ini mengikuti latihan dari 22 kuota pemain yang disiapkan oleh Disparbudpora.

“Kita rencana 22 pemain tetapi yang baru terpilih 14 orang, nanti sisanya (7 pemain) dari pelatih (untuk melakukan seleksi) bagaimana, jadi kami (Disparbudpora) tidak ada intervensi apapun, keputusan semua ada di pelatih,” katanya.

Yacob menegaskan, pihaknya tidak mencampuri seleksi pemain sebab ingin agar pemain yang direkrut memang benar-benar berkualitas.

“Jadi kita ingin betul-betul fair (adil) kalau laik masuk yah masuk, mereka pemain rata-rata anak usia kelas 1, 2, dan 3 SMP, mereka akan ikut program ini sampai lulus SMA,” tuturnya.

Pemain yang lolos dalam PPLPD mendapat sejumlah hak dan fasilitas, pertama gaji bulanan, peralatan untuk latihan mulai sepatu, kaus kaki, jaket, bola, hingga kostum untuk latihan dan bertanding.

“Pokoknya lengkap semua, keperluan mereka untuk aktivitas dalam PPLPD ini semua lengkap, semua dari Pemkab Mimika, termasuk konsumsi juga,” ujarnya.

Yacob pun mengucapkan terima kasih kepada Bupati Eltinus Omaleng yang telah mendukung program Disparbudpora.

“Beliau (Bupati Eltinus Omaleng) sudah mendukung saya untuk menjalankan program yang ini kali pertama di Mimika memiliki PPLPD,” ungkapnya.

PPLPD rencanaya akan dibarengi dengan program pendidikan namun karena masih belum tersedianya mess atau asrama yang sementara disiapkan, pemain pun sementara hanya melakukan latihan rutin.

Advertisements

Dalam pelaksanaan latihan rutin, pemain akan dijemput dengan bus khusus di titik kumpul yakni Gedung Eme Neme Yauware, untuk menuju lokasi latihan di Stadion Wania Imipi.

“Kami mohon orangtua mendukung, karena pemerintah sudah hadir, dan mereka latihan sampai Juni nanti ada pertandingan atau sparing kalau bisa juga ikut kejuaraan di luar Mimika, targetnya setahun dua kali,” harapnya.

Setelah setahun berjalan nantinya akan dilakukan evaluasi juga terhadap pelatih dan pemain.

Advertisements

Sementara itu, Pelatih Feydi Oroh mengatakan, untuk awal latihan ia fokus ke teknik sepakbola sebab menurutnya anak asuhnya banyak yang masih baru, sebelum nanti menginjak ke kerjasama tim.

Feydi mengapresiasi program PPLPD yang menurutnya akan menjadi wadah bagi pemain muda di Mimika mengembangkan talenta sepakbola mereka.

Kemudian salah seorang pemain Juanito Dokaida Awe mengaku sangat bersyukur dan senang bisa masuk ke dalam program PPLPD.

Advertisements

Juan panggilan akrabnya yang juga mengidolakan Lionel Messi ini berharap dirinya bersama rekan-rekannya bisa mengembangkan diri di PPLPD.

penulis : Fachruddin Aji
editor : Iba

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *