Pemprov Berupaya Jadikan Papua Layak Sebagai Provinsi Olahraga

Kepala UPTD Dispora Papua, Sonya Monim. (Foto: Vidi/Seputarpapua)
Kepala UPTD Dispora Papua, Sonya Monim. (Foto: Vidi/Seputarpapua)

JAYAPURA | Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Olahraga dan Pemuda Papua terus berupaya menjadikan Papua layak sebagai provinsi olahraga.

Hal itu untuk menindaklanjuti pernyataan Presiden Joko Widodo yang inginkan Papua dinobatkan sebagai provinsi olahraga lantaran telah sukses melaksanakan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021 lalu.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Disorda Provinsi Papua Sonya Monim mengatakan, saat ini pemerintah menindaklanjuti Papua sebagai provinsi olahraga melalui kajian akademik yang dilakukan oleh Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Cenderawasih.

“Kita sudah melakukan kickoff di Jayapura dan Timika saat itu belum ada pembagian DOB, ditahun 2022 pemerintah lakukan launching Papua menuju provinsi olahraga di Jakarta, setelah itu terputus,” kata Sonya kepada awak media di Kota Jayapura, Kamis 14 Maret 2024.

Dia menjelaskan setelah itu, pihaknya melakukan Focus Group Discussion (FGD) di Jakarta bersama Kemenpora dengan berharap adanya satu produk hukum untuk semakin menguatkan Papua sebagai provinsi olahraga.

“Kita disarankan untuk membuat surat permohonan kepada Presiden melalui Kementerian Sekretariat Negara untuk penetapan Papua sebagai provinsi olahraga dan memberikan rekomendasi untuk melakukan kajian,” ujarnya.

Setelah itu, dijelaskan pada 26 Februari 2024 dilakukan kembali FGD kedua lintas Kementerian/lembaga bersama Pemprov Papua untuk mengkaji atas kajian yang dibuat akademisi Uncen untuk menghasilkan produk hukum.

Namun pemerintah pusat mengarahkan untuk dibuatnya Desain Olahraga Daerah turunan dari Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

“Sebenarnya kami harapkan peraturan presiden, tetapi lebih mengarahkan kepada desain olahraga daerah yang akan kita masukan dalam poin khusus terkait provinsi olahraga, turunan dari DBON. Sekarang masih dalam proses kajian dari kemenpora dan kita pemerintah akan ada rapat terkait dengan rancangan penyusunan desain olahraga daerah sebelum adanya perpres,” pungkasnya.

penulis : Vidi
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *