Pemprov PPS Bentuk Desk Pantau Pemilu 2024

Konferensi Pers Pemprov PPS perihal kesiapan Pemilu 2024 di Gedung Negara Merauke. (Foto: Hendrik/seputarpapua)
Konferensi Pers Pemprov PPS perihal kesiapan Pemilu 2024 di Gedung Negara Merauke. (Foto: Hendrik/seputarpapua)

MERAUKE | Pemerintah Provinsi Papua Selatan (PPS) membentuk tim desk Pemilu 2024 mendukung pesta demokrasi Pilpres dan Pileg agar berjalan lancar, aman dan damai.

Pj. Sekda Provinsi Papua Selatan, Maddaremmeng mengatakan, pembentukan desk Pemilu bertujuan memudahkan pemerintah provinsi mengontrol jalannya Pemilu 14 Februari 2024. Desk Pemilu bertugas mengkoordinasikan setiap tahapan penyelenggaraan Pemilu di Provinsi Papua Selatan.

“Tentunya nanti bersama-sama dengan Forkopimda, kita terus meninjau Pemilu mulai dari persiapan, pencoblosan hingga penghitungan suara,” kata Maddaremmeng dalam Konferensi Pers di Gedung Negara Jalan Trikora Merauke, Sabtu (10/2/2024).

Konferensi Persdihadiri Danrem 174/ATW, Danlantamal XI, Danlanud J.A.Dimara Merauke, LO Polda Papua dan sejumlah pejabat di lingkup Pemprov Papua Selatan.

Beberapa waktu lalu, kata Maddaremmeng, pemerintah provinsi, TNI/ Polri, KPU selaku penyelenggara dan beberapa unsur terkait telah melakukan rapat koordinasi terkait kesiapan Pemilu 2024. Hasil rapat tersebut dapat dipastikan Pemilu di Provinsi Papua Selatan secara umum sudah siap dilaksanakan.

“KPU pada dasarnya secara umum sudah siap. Kesiapan surat surat (logistik), tempat pemungutan suara (TPS) dan para petugas yang akan melaksanakan itu, pada prinsipnya sudah disiapkan dan Pemilu dilaksanakan sesuai dengan yang telah dijadwalkan,” ujarnya.

“Karenanya, kami dari Pemprov Papua Selatan mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk memberikan dukungan sepenuhnya terhadap pelaksanaan Pemilu. Kami juga mengimbau seluruh masyarakat menggunakan hak pilihnya dengan datang mencoblos di TPS pada 14 Februari 2024,” sambungnya.

Sekda mengimbau seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), dan TNI/Polri di lingkungan Pemprov Papua Selatan agar tetap menjaga netralitas. Seluruh aparatur negara diminta terus bersinergi dan memastikan kelancaran jalannya Pemilu dengan mengedepankan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

“Makanya kami mengadakan jumpa pers juga untuk menegaskan itu bahwa sebagai aparatur sipil negara, kami di PPS akan memastikan semua ASN itu netral dan tentu juga TNI POLRI akan berlaku hal yang sama” imbuh Maddaremmeng.

Maddaremmeng memastikan semua aparatur sipil negara di lingkup Pemerintah Provinsi Papua Selatan bersikap netral dalam Pemilu 2024. Netralitas ASN telah diatur dalam Pasal 2 Undang-Undang nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Aturannya jelas dalam undang-undang. Ada rambu-rambu yang wajib ditaati ASN dalam pemilu serta sanksi-sanksi yang tegas bagi ASN yang tidak netral. Dan tentunya kami memastikan semua yang tidak netral itu akan mendapatkan ganjaran sesuai dengan aturan yang ditetapkan,” tegasnya.

Ia juga mengimbau seluruh elemen masyarakat untuk menjaga kondusivitas dan stabilitas keamanan baik dalam pemerintahan dan kehidupan sosial menyambut Pemilu 2024.

Advertisements

“Kita semua harus sama-sama menjaga kamtibmas. Perbedaan itu pasti ada, akan tetapi jangan sampai perbedaan itu memecah-belah persaudaraan. Kita harus menghindari konflik horizontal, vertikal dan kegaduhan-kegaduhan di tengah kehidupan berbangsa dan bernegara,” pungkasnya.

penulis : Hendrik Resi
editor : Iba

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan