Penghijauan Grasberg Awali Rangkaian Peringatan Hari Lingkungan Hidup 2024

Sebanyak 200 orang melakukan tanam pohon dalam momentum pembukaan acara Peringatan Hari Lingkungan Hidup 2024 oleh karyawan PTFI, DLH Kabupaten Mimika, perwakilan Tokoh Agama, dan perwakilan istri karyawan. Foto: Dok PTFI

TIMIKA, Seputarpapua.com | PT Freeport Indonesia (PTFI) bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika melakukan aksi penghijauan di kawasan Grasberg yang berada di ketinggian 4.300 meter di atas permukaan laut, tepatnya di Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Rabu, 15 Mei 2024.

Kegiatan ini mengawali rangkaian Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 di Kabupaten Mimika, Papua Tengah.

Kepala Teknik Tambang (KTT) PTFI Carl Tauran mengatakan, aksi penghijauan ini bagian dari program reklamasi yang dilakukan PTFI.

“(Penghijauan adalah) komitmen kami dalam upaya pengelolaan lingkungan hidup, baik selama masa operasi dan juga pascatambang terbuka Grasberg,” kata Carl dalam keterangan tertulis yang diterima media ini, Jumat (17/5/2024).

Sebanyak 200 orang mengikuti aksi penghijauan di area Grasberg, terdiri dari perwakilan karyawan PTFI, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mimika, perwakilan tokoh agama Tembagapura dan komunitas istri karyawan.

Peserta melakukan penanaman sebanyak 400 bibit tumbuhan endemik ekosistem alpine Pegunungan Tengah Papua di kawasan seluas 1 hektar, seperti Coprosma brassii, Olearia sp., Rhododendron sp., Tasmania piperita., Cyatea sp., dan Papuacalia sp.

Carl mengatakan program Penghijauan Grasberg merupakan bagian dari program reklamasi batuan penutup PTFI yang menjadi bagian dari rencana reklamasi 5 tahun, sejak tahun 1999.

“Ini bagian dari komitmen kami dalam pengelolaan dampak lingkungan dari kegiatan penambangan terbuka Grasberg yang telah diakhiri pada tahun 2020,” katanya.

Menurut Carl, hingga akhir tahun 2023, total area timbunan batuan penutup Grasberg yang telah direklamasi seluas 507 hektar.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mimika, Frans Kambu, mengapresiasi kolaborasi yang dilakukan PTFI.

“Kegiatan ini dapat terlaksana berkat adanya komunikasi yang baik antara PTFI dengan Pemerintah Kabupaten Mimika. Penanaman ini adalah langkah yang efektif dalam menekan dampak perubahan iklim. Upaya yang kita lakukan hari ini berkontribusi dalam penurunan emisi. Saya harap, kepedulian kita tak hanya berhenti di sini,” tuturnya.

Kadis DLH Mimika juga berharap kegiatan penghijauan yang dilaksanakan PTFI dapat menginspirasi instansi lain dan masyarakat di wilayah Kabupaten Mimika dalam melestarikan lingkungan.

Advertisements

Perlu diketahui, Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 mengambil tema Land Restoration, Desertification and Drought Resilience (Restorasi Lahan, Penggurunan, dan Ketahanan terhadap Kekeringan).

Setelah penghijauan Grasberg, peringatan Hari Lingkungan Hidup 2024 akan dilanjutkan dengan kompetisi, talkshow, sharing session, pelepasliaran satwa endemik Papua dan lain-lain.

Acara puncak Hari Lingkungan Hidup PTFI tahun 2024 direncanakan akan dilaksanakan pada 10-12 Juli mendatang di Gedung Eme Neme Yauware, Timika, melalui penyelenggaraan Expo Lingkungan.

penulis : Fachruddin Aji
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan