Pengkab KBI Mimika Tingkatkan Kualitas Wasit dan Juri Kickboxing

Narasumber kegiatan, Wasit dan Juri Nasional dari Pengurus Pusat Kickboxing Indonesia (PPKBI) saat menyampaikan materi dalam pembekalan wasit dan juri kickboxing di Mimika, Papua Tengah, Kamis (30/11/2023). (Foto: Fachruddin Aji/Seputarpapua)
Narasumber kegiatan, Wasit dan Juri Nasional dari Pengurus Pusat Kickboxing Indonesia (PPKBI) saat menyampaikan materi dalam pembekalan wasit dan juri kickboxing di Mimika, Papua Tengah, Kamis (30/11/2023). (Foto: Fachruddin Aji/Seputarpapua)

TIMIKA | Pengurus Kabupaten Kickboxing Indonesia (Pengkab KBI) Kabupaten Mimika memberikan pembekalan dan bimbingan teknis (bimtek) wasit dan juri dalam rangka kejuaraan Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Mimika 2023 yang akan mereka gelar pada 2-3 Desember 2023.

Ketua Pengkab KBI Mimika Emilia Asmuruf mengatakan pelaksanaan porkab menjadi kesempatan pihaknya melakukan peningkatan kapasitas, tidak hanya atlet, tetapi juga perangkat pertandingan seperti wasit dan juri di Mimika.

“Jadi kita akan punya juri dan wasit dari Mimika sendiri, tidak perlu dari luar. Jadi dengan bimtek dan pembekalan ini mereka punya kompetensi,” katanya saat ditemui disela kegiatan yang digelar pada salah satu hotel yang berada di Jalan Cenderawasih, Kamis (30/11/2023).

Emilia mengatakan, untuk wasit dan juri memiliki beberapa tingkatan yakni daerah, provinsi dan nasional.

“Mereka yang ikut hari ini akan mendapatkan sebuah justified (pembenaran atau bukti) mereka memiliki kualitas untuk menjadi wasit, ke tingkat provinsi dan nasional,” paparnya.

Ia berharap kedepan para peserta yang hadir dapat membantu mengembangkan atlet di Mimika yang tergabung dalam lima camp kickboxing.

Selain pembekalan, akan digelar praktek langsung cara menjadi wasit dan juri dalam sebuah pertandingan, praktek itu bersama dengan para pemateri.

Selanjutnya, narasumber kegiatan yang juga sebagai Wasit dan Juri Nasional dari Pengurus Pusat Kickboxing Indonesia (PP KBI) Bhimmo Chondro Wibowo menekankan, menjadi seorang wasit yang terpenting adalah kejujuran dan integritas.

“Bersikap tegas, berani dan jujur,” tegasnya.

Seorang wasit, kata Bhimmo, harus menilai dengan sebaik mungkin dan sejujur mungkin dalam sebuah pertandingan.

“Fokus juga sangat penting dalam sebuah pertandingan, sampaikan apa yang memang dilihat. Contohnya ada pukul dan poin sampaikan begitu, jika tidak ada pun sampaikan juga apa adanya,” jelasnya.

Bhimmo dalam penyampaian materinya didampingi oleh pelatih atau sensei kickboxing Joe Bhernad Petrocelli menerangkan sejumlah hal, seperti peraturan pertandingan, penilaian, perbedaan kelas dalam kickboxing, peralatan yang dibutuhkan seorang atlet, serta bagian tubuh mana yang boleh dipukul dan tidak dalam sebuah pertandingan.

Adapun jumlah peserta kegiatan berjumlah delapan orang yang nantinya akan menjadi wasit dan juri dalam Porkab Kabupaten Mimika cabang olahraga (Cabor) Kickboxing.

penulis : Fachruddin Aji

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *