Pleno KPU Mimika, Tamu Lewati Tiga Tahap Pemeriksaan

Proses pemeriksaan administrasi yang dilakukan oleh petugas KPU Mimika dibantu aparat kepolisian. (Foto: Mujiono/Seputarpapua)
Proses pemeriksaan administrasi yang dilakukan oleh petugas KPU Mimika dibantu aparat kepolisian. (Foto: Mujiono/Seputarpapua)

TIMIKA | Rapat Pleno KPU Kabupaten Mimika menetapkan perolehan suara Pemilu 2024 digelar di salah satu hotel di Jalan Budi Utomo, Senin (27/2/2024).

Dalam pelaksanaan, aparat keamanan TNI-Polri memperketat pola pengamanan. Tamu dan saksi yang hadir harus melewati tiga tahapan pemeriksaan mulai pintu depan hotel.

Petugas KPU Mimika bersama aparat keamanan melakukan pemeriksaan administrasi, mulai dari undangan, surat mandat sampai dengan tanda pengenal.

Sementara memasuki ruangan, petugas melakukan pemeriksaan dengan men scan id card yang sudah diberikan. Aparat kepolisian juga melakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan.

Kapolres Mimika, AKBP I Gede Putra mengatakan, untuk pengamanan pleno KPU Mimika pihaknya menurunkan 100 personel gabungan TNI-Polri untuk mengantisipasi kerawanan yang terjadi, baik di tempat kegiatan maupun di luar.

“Sistem pengamanannya ada yang terploting di kegiatan. Namun ada juga yang bergerak untuk antisipasi situasi yang ada,” kata Kapolres.

Sementara untuk pola pengamanan di tempat kegiatan, dari pintu masuk aparat keamanan juga melakukan filter atau seleksi, baik personel maupun warga yang mengikuti kegiatan. Hal ini dilakukan berdasarkan hasil koordinasi dengan penyelenggara Pemilu.

“Undangan sudah disebarkan, sehingga masing-masing pihak sudah diberikan ID atau tanda pengenal. Sehingga tidak semua bisa masuk ke tempat kegiatan,” ungkapnya.

penulis : Mujiono
editor : Iba

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *