Polres Mimika Geser Pasukan Amankan Pilkada Asmat, Kapolres Titip Pesan Penting

APEL - Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata memimpin apel pemberangkatan pasukan melaksanakan tugas BKO di Polres Asmat.(Foto: Saldi/SP)
APEL - Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata memimpin apel pemberangkatan pasukan melaksanakan tugas BKO di Polres Asmat.(Foto: Saldi/SP)

TIMIKA | Polres Mimika, Papua mengirim 40 personel ke Kabupaten Asmat untuk melaksanakan tugas BKO pengamanan agenda Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di wilayah itu.

40 pasukan dikirim menggunakan kapal milik Polri, Kamis (3/12) dari Pelabuhan Pomako sekitar pukul 19.00 WIT.

Sebelumnya sekitar pukul 16.00 WIT Kamis sore digelar apel pergeseran pasukan di Kantor Pelayanan Polres Mimika dipimpin langsung oleh Kapolres AKBP I Gusti Gde Era Adhinata.

Dalam apel tersebut, Kapolres berpesan kepada anggotanya tetap menjaga kesehatan agar kembali ke Mimika tetap dalam keadaan sehat.

Tidak kalah penting, orang nomor satu di jajaran Polres Mimika juga ini menekankan kepada personelnya mengedepankan loyalitas hierarki yang dipegang, di mana senior berikan contoh yang baik kepada junior, begitu pun yang junior harus taat apapun yang diperintahkan senior.

“Kita tidak mengetahui situasional, apa yang terjadi kita tidak mengetahui. Otomatis butuh kekompakan, apapun yang terjadi, situasional yang ada,” kata Kapolres.

IKLAN-TENGAH-berita

Saat di Asmat, untuk penugasan pasukan akan diambil alih oleh Kapolres Asmat bersama perwira Polda Papua yang menjadi asistensi di wilayah itu. Apapun arahan yang diberikan, personel diharapkan untuk mematuhinya.

“Di sana kita bukan liburan, cuma berapa hari di sana. Oleh karena itu tunjukkanlah bagaimana Polres Mimika, tunjukkanlah yang terbaik untuk mereka. Semangat kita kerja di sini tunjukkanlah di sana. Nama baik Polres Mimika saya harap dibawa ke sana, jangan sampai di sana malah menimbulkan pelanggaran-pelanggaran, apalagi menjadi sumber daripada konflik itu sendiri,” pesan Kapolres.

Dalam melaksanakan tugas pengamanan Pemilu, kata Kapolres, perintah dari Kapolri sudah jelas, bahwa, anggota Polri harus netral, dan tidak berpihak pada salah satu pasangan calon. Apalagi melakukan kegiatan-kegiatan yang kontra produktif sehingga menjadi sorotan di masyarakat.

Tidak lupa Kapolres juga mengingatkan agar personel tetap melaksanakan protokol kesehatan, lantaran di Kabupaten Asmat untuk kasus Covid-19 saat ini juga sudah mulai meningkat dari yang sebelumnya, masih zona hijau.

“Hanya berapa hari kalian di sana, tapi hari itu menentukan situasi kamtibmas di Asmat,” katanya.

Jumlah personel Polres Mimika yang diberangkatkan ke Asmat sebanyak 40 orang. Personel bertolak ke Asmat sore ini juga menggunakan kapal milik Polair. Mereka akan melaksanakan tugas BKO hingga tanggal 21 Desember 2020. Namun, rencana itu akan melihat kembali situasional yang terjadi di Kabupaten Asmat.

“Doa kami yang ada di Mimika akan tetap menyertai. Mudah-mudahan bisa kembali dan kita sama-sama merayakan suasana Natal di Kota Timika dan juga menjelang Tahun Baru 2021,” harap Kapolres.

Reporter: Saldi
Editor: Misba Latuapo

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar