Pulang Bawa Medali PON XX, Petinju Mimika Disambut KONI

Foto bersama Asisten Pelatih Percy Rumere (kiri), peraih medali perak Syartiel A. Rumaropen (kedua dari kiri), Sekum KONI Mimika Cessar A. Tunya (tengah), peraih medali emas Ona A. Paays (kedua dari kanan), Yosep Murib (kanan). (Foto: Saldi/Seputarpapua)
Foto bersama Asisten Pelatih Percy Rumere (kiri), peraih medali perak Syartiel A. Rumaropen (kedua dari kiri), Sekum KONI Mimika Cessar A. Tunya (tengah), peraih medali emas Ona A. Paays (kedua dari kanan), Yosep Murib (kanan). (Foto: Saldi/Seputarpapua)

TIMIKA | Setelah mendulang prestasi dalam ajang PON XX mewakili Provinsi Papua, tim cabang olahraga (Cabor) tinju dari Kabupaten Mimika pulang membawa medali disambut KONI Mimika dan dijamu makan malam bersama di Jalan Cenderawasih, Timika, Jumat (29/10/2021).

Tim tinju dari Mimika didampingi oleh Asisten Pelatih, Percy Rumere dengan tiga orang atlet masing-masing Ona Antryni Paays, Syartiel Alkilaus Rumaropen dan Yosep Murib.

Dari ketiga atlet ini, dua diantara berhasil memperoleh medali PON. Medali emas diraih Ona Antryni Paays di kelas 45 kg putri setelah menumbangkan petinju dari Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sedangkan medali perak diraih Syartiel Alkilaus Rumaropen di kelas 46 kg putra setelah di partai final kalah dari petinju Sulawesi Utara (Sulut). Sementara Yosep Murib kurang beruntung lantaran gagal dalam partai penyisihan.

Meski demikian, tim tinju dari Mimika terbilang sukses membawa pulang dua medali PON dan mengharumkan nama Papua khususnya Mimika.

“Saya mewakili Ketua Umum KONI, Bapak Bupati Eltinus Omaleng, kita dari KONI mengucapkan terima kasih banyak untuk Om Percy, Syartiel yang mendapat medali perak, Ona dapat medali emas, dan Yosep harus berjuang lagi,” ucap Sekretaris Umum KONI Mimika, Cessar A. Tunya, usai jamuan makan malam tim tinju Mimika.

Dalam penjaringan atlet PON XX cabor tinju, KONI Mimika mengirim lima atlet mengikuti pemusatan latihan atau TC di Jayapura. Namun dua atlet gugur dan tersisa tiga atlet lolos mengikuti PON.

Bahkan, pemusatan latihan yang diikuti di Jayapura terbilang cukup lama, sejak tahun 2018. Sehingga Cessar mengatakan bahwa ini bukanlah hal yang mudah untuk dihadapi setiap atlet, sebab membutuhkan perjuangan.

Dengan membawa pulang dua medali, menurut Cessar, sudah merupakan pencapaian yang sangat baik untuk Mimika. Di mana total perolehan medali untuk Papua ada sebanyak 11 medali, terdiri dari dua medali emas, tiga medali perak dan enam perunggu.

“Mereka sudah berjuang dengan waktu yang panjang. Mudah-mudahan hasil yang dicapai ini bisa memberikan semangat kepada pecinta olahraga tinju dan semua generasi muda yang ingin bersama-sama dalam cabang olahraga tinju kedepan,” harapnya.

Diianggap merupakan capaian yang luar biasa, Pertina Mimika harus bisa lebih berkembang dari yang sebelumnya. Bahkan, KONI Mimika akan melihat seperti apa kondisi kepengurusan Pertina Mimika agar kedepan bisa lebih baik.

“Saya dengan ketua umum kita lagi persiapkan yang terbaik untuk para atlet. Bukan janji manis lagi, itu sudah merupakan tanggungjawab kita untuk bisa memberikan yang terbaik untuk atlet-atlet kita dari Kabupaten Mimika yang berprestasi di Pekan Olahraga Nasional ke XX di Tanah Papua,” pungkasnya.

reporter : Saldi
editor : Mish

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.