Puluhan Anak Ikuti Lomba Azan dan Tahfidz Quran di Masjid Al Iksan

Anak-anak yang mengikuti lomba azan di Masjid Al Iksan. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)
Anak-anak yang mengikuti lomba azan di Masjid Al Iksan. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)

TIMIKA | Puluhan anak-anak mengikuti lomba Azan dan Tahfidz Quran di Masjid Al Iksan, Jalan Henggi, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Selasa (26/3/2024) sampai Rabu, 27 Maret 2025.

Perlombaan ini dilaksanakan oleh Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) dan Panitia Amaliah Ramadan Masjid Al Iksan dalam rangka peringatan Nuzulul Quran 1445 Hijriah.

Satu per satu anak-anak melantunkan azan dengan tenang dan syahdu, namun anak-anak kerap kerap dengan tingkahnya yang jenaka. Seperti salah satu peserta, karena terlalu semangat mengikuti lomba, namanya belum dipanggil tetapi sudah lari ke tempatnya untuk melantunkan azan. Hal ini membuat para orang tua dan peserta lain tertawa.

Ketua Panitia Amaliah Ramadan, Muhammad Ilyas menjelaskan, hari pertama lomba azan hanya diikuti 33 anak laki-laki mulai kelas 1 sampai kelas 6 tingkat sekolah dasar (SD).

Di hari kedua, diadakan lomba tahfidz quran yang diikuti anak laki-laki dan perempuan tingkat SD. Lomba tahfidz ini dibagi menjadi dua kategori, untuk kelas 1 sampai kelas 3 surah Ad-Dhuha sampai surah An-Nas, sedangkan kelas 3 sampai kelas 6 surah An-Naba sampai Al-Ikhlas.

“Mereka yang ikut ini dari sekolah-sekolah yayasan, dari SD Al Islah, Hidayatullah, Smart Kids, Cordova dan sekolah lainnya,” kata Muhammad Ilyas.

Sementara untuk juri lomba adalah guru tahfidz dari Yayasan Hidayatullah dan SD Al Islah. Sedangkan untuk lomba tahfidz, nantinya ada empat juri, dua lainnya dari internal Masjid Al Iksan.

Ia berpesan kepada para orang tua untuk tidak melarang atau terus dapat mengikutsertakan anak-anaknya dalam lomba-lomba seperti ini.

penulis : Anya Fatma
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *