Realisasi Belanja APBD Mimika 2022 Hingga Juli Baru 36 Persen

ILUSTRASI | Kantor Pusat Pemerintahan Mimika
ILUSTRASI | Kantor Pusat Pemerintahan Mimika

TIMIKA | Realisasi belanja dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kabupaten Mimika tahun 2022 sampai kini baru mencapai 36 persen.

Hal ini diungkap Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Mimika, Jania Basir saat diwawancara di Terminal sisi selatan Bandara Mozes Kilangin Timika, Rabu (27/7/2022).

“Kemarin saat monev realisasi 27 persen. Kalau sekarang sudah 35-36 persen,” katanya.

Jania optimis sampai akhir tahun bisa mencapai target realisasi.

Dijelaskan, anggaran terbesar ada di Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan.

“Kalau semua kontrak sudah maka uang 30 persen diberikan. Kalau begitu kan pasti presentasi pasti naik diatas 50 persen,” jelasnya.

Untuk dana alokasi khusus (DAK) juga sudah berjalan dan untuk tahap kedua sudah ditransfer. “Jadi dana Otsus dan DAK sudah aman,” ucapnya.

Jania menambahkan, saat ini semua tagihan yang dimasukkan oleh OPD langsung diproses oleh BPKAD. Ini karena semua SPj sudah tidak dimasukkan lagi ke keuangan. “SPJ sudah ada di OPD,” katanya.

Sehingga yang diperiksa hanya SPM dan e-billing atau nilai pajak yang jika sudah sesuai maka tagihan langsung diproses.

“Jadi sebenarnya proses sudah lebih gampang kalau di BPKAD, sekarang kita tunggu dari OPD saja, jika OPD masukkan yah kita proses dan uang ada,” tambahnya.

 

reporter : Anya Fatma

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.