Retribusi Sampah di Kelurahan Otomona Capai Rp28 Juta Perbulan

Lurah Otomona, Farida
Lurah Otomona, Farida

TIMIKA | Retribusi sampah dari warga di Kelurahan Otomona, Distrik Mimika Baru, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah mencapai Rp28 juta per bulan.

Kepala Kelurahan Otomona, Farida mengatakan, retribusi sampah ini diperoleh dari warga yang membayar iuran sampah setiap bulannya.

Sampah dari warga, baik sampah rumah tangga maupun pengusaha, dijemput langsung oleh petugas kebersihan kelurahan di rumah-rumah warga.

Farida mengungkapkan, tarif sampah yang dipungut juga disesuaikan dengan sampah warga, untuk sampah rumah tangga tarifnya Rp20 ribu per bulan, sedangkan untuk kios dan pengusaha tarifnya mulai Rp50 ribu sampai Rp100 ribu per bulan.

“Tarifnya dari warga sesuai volume sampah,” kata Farida saat diwawancara di Kantor Distrik Mimika Baru, Jumat (23/2/2024).

Sampah dijemput dari rumah warga menggunakan mobil pickup dan motor roda 3. Program ini sudah berjalan sejak tahun 2020.

Farida mengungkapkan, dalam satu bulan, pendapatan dari retribusi sampah di Kelurahan Otomona tidak menentu, tetapi rata-rata bisa mencapai Rp28 juta per bulan.

“Warga biasanya ada yang bayar retribusi langsung 1 tahun, 6 bulan,” katanya.

Sampah dari rumah warga langsung dibawa ke TPS yang disediakan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Mimika. Sebab, Kelurahan Otomona saat ini belum memiliki TPS, sehingga warga memang diarahkan untuk meletakkan sampahnya di depan lorong rumah untuk kemudian diangkut oleh petugas yang adalah warga setempat.

“Tidak semua warga bayar tarif sampah juga, tapi kita angkat saja semua karena belum punya TPS,” pungkasnya.

penulis : Anya Fatma
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *