Seluruh Korban Longboat Terbalik Ditemukan Selamat

penumpang kapal yang berhasil dievakuasi oleh Tim SAR
Para penumpang kapal yang berhasil dievakuasi oleh Tim SAR Gabungan.Foto: Istimewa/SAR Mimika

TIMIKA | Seluruh korban longboat terbalik setelah dihantam ombak di perairan Puriri, Distrik Mimika Timur Jauh, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, ditemukan selamat, Jumat (19/1/2024).

Berdasarkan keterangan yang dikeluarkan Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Timika, awalnya korban hilang dilaporkan 2 orang, namun ternyata 4 orang, yakni Swardi (55), Muhammad Bintang (25), Ates (30) dan Niko Joe (40) .

Seluruh korban sebelumnya ditemukan masyarakat yang kebetulan melewati sekitar lokasi kejadian.

Namun dikarenakan kondisi laut saat itu tidak memungkinkan untuk melakukan proses evakuasi, akhirnya tim SAR gabungan yang dibantu keluarga korban menunda proses evakuasi.

Evakuasi baru dapat dilakukan petang hari, dan tiba di Pelabuhan Perikanan Timika pukul 20:20.

Dengan ditemukan seluruh korban, maka operasi SAR diusulkan tutup dan potensi SAR yang terlibat dikembalikan ke kesatuan masing-masing dengan ucapan terima kasih.

Diberitakan sebelumnya, sebuah perahu longboat bermesin 40 PK dilaporkan terbalik setelah dihantam ombak diperairan Puriri, Distrik Mimika Timur Jauh, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, Jumat (19/1/2024).

Berdasarkan keterangan yang dikeluarkan Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Timika, kejadian itu dilaporkan keluarga korban yang bernama Febriani kepada pihak SAR sekitar pukul 10.19 WIT.

Keluarga korban menyebut, Jumat pagi sekitar pukul 05.30 WIT perahu longboat berpenumpang tiga orang berangkat dari Pelabuhan Poumako dengan tujuan Jita. Dalam perjalanan disekitar perairan Puriri, longboat tersebut dihantam ombak dan terbalik.

Beruntung, seorang penumpang atasnama Riski berhasil selamat setelah terombang-ambing di laut. Riski diselamatkan oleh masyarakat sekitar yang kebetulan melewati lokasi kejadian.

Namun, dua orang penumpang lainnya yakni Suwardi (55) dan Muhammad Bintang (25) dilaporkan hilang.

penulis : Fachruddin Aji
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *