Sempat Hilang Diperairan Kaimana, Seorang Pemancing Ditemukan Selamat

La Ode Firman pemancing yang sempat hilang, kini sudah ditemukan selamat. (Foto: Humas SAR Timika)
La Ode Firman pemancing yang sempat hilang, kini sudah ditemukan selamat. (Foto: Humas SAR Timika)

TIMIKA | La Ode Firman (35) penumpang longboat 40 PK yang sempat hilang kontak saat memancing diperairan Kaimana, Papua Barat, pada Jumat 13 Januari 2023 akhirnya ditemukan dalam keadaan selamat.

Korban ditemukan oleh masyarakat setempat yang sedang menjaring ikan di sekitaran pulau Kayu Merah pada hari Minggu (16/1/2023) sekira pukul 18.00 WIT.

“Korban kemudian diserahkan oleh masyarakat ke pihak keluarga,” demikian disampaikan Humas SAR Timika, Muhammad.

Dari keterangan korban, saat memancing ikan di Rompong perairan Kaimana korban mengalami masalah pada mesin, sehingga longboat yang ditumpanginya hanyut hingga ke perairan antara Lakahia dan Pulau Kayu Merah.

Di saat longboat yang korban tumpangi sudah terlihat dekat dengan daratan, korban memutuskan untuk melompat dan berenang menuju daratan hingga bertemu masyarakat yang sedang menjaring ikan.

“Dengan diketemukanya korban, maka Tim SAR gabungan yang berada di lapangan di tarik dan operasi SAR diusulkan ditutup,” kata Muhammad.

Diberitakan sebelumnya, La Ode Firman dilaporkan hilang ketika memancing diperairan Kaimana pada Jumat, 13 Januari 2023. Firman pergi memancing menggunakan perahu longboat berkekuatan 40 PK.

Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika melalui Pos Pencarian dan Pertolongan Kaimana menerima laporan hilangnya korban dari salah satu anggota Kodim Kaimana bernama Choirul, pada hari Minggu (15/1/2023).

Setelah menerima laporan tersebut, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika George L.M Randang melalui Kasubsie Operasi dan Siaga SAR Timika Charles Y. Batlajery memberangkatkan Tim SAR gabungan menggunakan RIB 400 PK melakukan pencarian korban bersama longboat yang digunakan.

La Ode Firman saat pergi memancing direncanakan kembali dihari yang sama sekitar pukul 17.00 WIT. Namun hingga laporan diterima oleh tim SAR kabar Firman belum diketahui.

Informasi dari keluarga menyebut, Firman berangkat memancing bersama rekan-rekannya, namun mereka menggunakan perahu yang berbeda.

“Rekan-rekan korban sudah kembali dari memancing, namun Firman belum juga kembali hingga saat ini,” ungkap Muhammad waktu itu.

Bahkan pihak keluarga korban berupaya melakukan pencarian, namun belum membuahkan hasil.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *