Subsidi Angkutan Udara Perintis Papua Selatan Dievaluasi

Caption: Penabuhan tifa tanda pembukaan Rapat Evaluasi Subsidi Angkutan Udara Perintis Wilayah Mopah, Merauke, Kamis (23/11/2023) (Foto: Getrud/Seputar Papua)
Caption: Penabuhan tifa tanda pembukaan Rapat Evaluasi Subsidi Angkutan Udara Perintis Wilayah Mopah, Merauke, Kamis (23/11/2023) (Foto: Getrud/Seputarpapua)

MERAUKE | Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kantor UPBU Kelas I Mopah Merauke menyelenggarakan Rapat Evaluasi dan Monitoring Subsidi Angkutan Udara Perintis Koordinator Wilayah Mopah Merauke, di Merauke, Kamis (23/11/2023).

“Tujuan kegiatan adalah untuk mengevaluasi dan memonitoring serta melakukan pengawasan atas pelaksanaan kegiatan penerbangan subsidi udara perintis Koordinator Wilayah Mopah Merauke agar dapat terlaksana sesuai UU Perhubungan, Perpres dan Permenhub sehingga dapat meningkatkan manfaat pelaksanan subsidi penerbangan di wilayah Merauke,” ujar Ketua Panitia, Rotual Sitorus, di Merauke.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Papua Selatan Nelson Sasarari mengatakan hadirnya pemerintah adalah mendekatkan pelayanan kepada masyarakat sehingga Rakor sangat penting dilakukan untuk mencapai tujuan mensejahterakan masyarakat di wilayah tersebut.

“Program subsidi penerbangan sudah dilakukan setiap tahun dan ada tiga komponen besar terlibat di dalamnya yaitu Pemerintah, UPBU Mopah dan Smart Aviation. Tiga komponen ini harus menjalankan tugas dan fungsinya dan perlu dilakukan evaluasi kinerja sebelumnya,” kata Nelson.

Peserta rapat diharapkannya dapat berkontribusi memberikan masukan dan saran untuk mendorong pemerintah dalam mengambil kebijakan, program dan anggaran.

Nelson menyebut, ada 11 rute penerbangan subsidi yang dilayani Smart Aviation dan diharapkan ke depan dapat berjalan lebih maksimal.

Ia juga menginginkan program tersebut dapat melayani daerah yang belum tersentuh sebab Papua Selatan masih masuk daerah 3 T sehingga perlu ada dorongan untuk masyarakat tersentuh pelayanan.

“Keinginan masyarakat yakni murah, mudah dan cepat transportasi diharapkan dapat dicapai sampai wilayah pedalaman. Mari kita merumuskan ini agar tahun selanjutnya ada peningkatan dan kemajuan yang lebih dirasakan masyarakat,” tutur Nelson.

 

penulis : Getrud
editor : Wan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *